Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda – Romawi dan Angka dalam Satu Dokumen di Word

By On Wednesday, February 26th, 2020 Categories : Tekno

Salah satu kelemahan membuat dokumen yang terpisah antara dokumen ber nomor halaman romawi dan angka adalah tidak dapat membuat daftar isi otomatis di MS Word. Kalau demikian efeknya pasti kalian tidak akan pernah lagi membuat dokumen secara terpisah. Karena membuat daftar isi secara manual sangat menyita waktu.

Cara membuat nomor halaman romawi dan angka dalam satu dokumen tidaklah sulit, dan tidak perlu perangkat tambahan. Hanya dengan pengaturan biasa di menu MS Word.

KAPAN MENGGUNAKAN NOMOR HALAMAN ROMAWI DAN ANGKA?

Dokumen karya ilmiah, seperti membuat proposal PKM, artikel ilmiah, laporan kerja praktek, skripsi, tugas akhir, thesis, desertasi, dan dokumen resmi lainnya inilah yang pada umumnya menggunakan penomoran berbeda.

Pada bagian awal yang terdiri dari halaman cover, kata pengantar, halaman pengesahan, abstrak dan daftar isi biasanya menggunakan nomor halaman angka romawi. Sedangkan pada bagian inti dokumen yang terdiri dari beberapa BAB biasanya menggunakan nomor halaman angka biasa.

Seringgnya orang membuat dokumen tersebut dibuat terpisah. Dokumen pendukung sendiri dan dokumen utama sendiri. Dampaknya, Anda tidak dapat membuat daftar isi secara otomatis. Hal ini pasti akan lebih merepotkan karena Anda perlu menyesuaikan nomor halaman dokumen dengan yang Anda tuliskan di daftar isi.

MANFAAT MEMBUAT NOMOR HALAMAN ROMAWI DAN ANGKA DALAM SATU DOKUMEN

Manfaat yang dapat kalian peroleh dengan dokumen yang tidak terpisah-pisah adalah:

1. Bisa digunakan untuk membuat daftar isi secara otomatis di MS Word

Pembuatan daftar isi otomatis di MS Word hanya dapat dilakukan dalam satu file dokumen. File dokumen yang terpisah tidak dapat kalian buat daftar isi nya secara otomatis.

2. Mengurangi file dokumen yang tampil di layar komputer

Pada umumnya antar BAB dokumen masih ada keterkaitan. Sehingga kemungkinan membuka BAB sebelumnya dalam membuat BAB yang baru sangat terjadi. Apalagi dalam pengeditan dokumen, pasti selalu bolak-balik melihat antar BAB agar dapat sinkron.

3. Cara mencetak dokumen menjadi lebih mudah dan cepat

Hanya dengan sekali perintah print maka kalian tinggal menunggu seluruh dokumen sudah berbentuk hard file.

4. Hanya sekali dalam membuat dan setting halaman baru

Setiap akan memulai membuat file dokumen pasti perlu penyetingan, seperti setting batas margin, ukuran kertas, pengaturan nomor halaman, dan sebagainya.

PERSYARATAN MEMBUAT NOMOR HALAMAN ROMAWI DAN ANGKA DALAM SATU DOKUMEN

Langkah awal sebelum membuat nomor halaman romawi atau angka adalah memecah atau memisahkan dokumen menjadi dua bagian. Bagian dokumen utama yang akan diberi nomor halaman angka dan bagian pendukung dengan angka romawi.

Dengan dipisahnya menjadi dua bagian dokumen maka format penulisan halaman diantara kedua dokumen tersebut sudah tidak saling mempengaruhi.

CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN ROMAWI DAN ANGKA DALAM SATU DOKUMEN

Membagi Dokumen Menjadi Dua Bagian :

  1. Letakkan cursor di bagian atas dokumen yang mau dipisah
  2. Tekan Tombol LAYOUT yang ada di navigasi bar
  3. Pilih BREAK
  4. Klik tombol segi tiga kecil, lalu pilih NEXT PAGE

Dengan begitu maka kalian sudah memiliki 2 bagian dokumen yang siap kalian setting dengan jenis penomoran halaman yang berbeda.

Cara membuat nomor halaman berbeda di MW Word
Cara Membagi Dokumen di MW Word

Membuat Nomor Halaman

Cara membuat nomor halaman adalah sebagai berikut:

  1. Klik Tombol INSERT yang ada di navigasi bar MS Word
  2. Pilih PAGE NUMBER dan arahkan cursor pada beberapa pilihan jenis penempatan halaman. Mau di atas atau bawah.
  3. Setelah menentukan posisi atas bawah, arahkan pointer ke bawah untuk memilih posisi penempatan di kiri, tengah atau kanan halaman.
Cara Membuat Nomor Halaman di MS Word
Cara Membuat Nomor Halaman

Mengatur Format Penomoran Halaman :

Setelah kalian memiliki 2 bagian dokumen, kini saatnya mensetting penomoran halaman pada masing-masing dokumen. Caranya adalah:

  1. Klik 2 kali pada bagian nomor halaman
  2. Arahkan cursor pada PAGE NUMBER
  3. Pilih FORMAT PAGE NUMBER
Cara setting nomor halaman berbeda romawi dan angka
Cara Setting Format Nomor Halaman

Kalian dapat mengatur jenis penomoran halaman, romawi atau angka biasa. Selain itu kalian juga dapat mengetur awal penomoran halaman. Tidak harus selalu diawali dari angka satu atau i.

Demikian cara membuat nomor halaman romawi dan angka dalam satu file dokumen yang dapat kalian lakukan. Semoga dapat mempercepat pengerjaan penulisan dokumen ilmiah kalian.*

Follow me!

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda – Romawi dan Angka dalam Satu Dokumen di Word | admin | 4.5
Leave a Reply