Ingin Kuliah di Kampus Terbaik? Ketahui Dulu Peringkat Perguruan Tinggi-nya!

Memilih perguruan tinggi sebagai tempat tujuan kuliah bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Memilih Perguruan Tinggi Negeri saja masih bingung, apalagi Perguruan Tinggi Swasta yang semakin banyak pilihannya.

Sudah tidak jamannya lagi, untuk mengetahui kondisi Perguruan Tinggi, Anda calon mahasiswa tidak perlu lagi visiting ke kampus-kampus. Kini sudah tersedia layanan situs yang membuat peringkat Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta. Tidak hanya itu, Anda juga dapat survei Perguruan Tinggi di tingkat Nasional maupun Internasional sekalipun.

Berikut ini adalah beberapa situs peringkat Perguruan Tinggi populer dunia:

1. QS Word University Rankings

Salah satu situs peringkat perguruan tinggi dunia yang cukup popular adalah QS Word University Rankings. Sebuah situs peringkat perguruan tinggi tahunan yang dikelola oleh Quacquarelli Symonds (QS) ini sudah mendapatkan persetujuan dari International Ranking Expert Group (IREG). Situs yang berada di Britania Raya ini sudah mulai terbit pada tahun 2004 melalui Penerbit Quacquarelli Symonds Limited.

Top Universitas Dunia
QS Top University

Pada awalnya QS Word University Rankings bekerja sama dengan majalah Times Higher Education (THE). Namun kini THE sudah menentukan pilihannya sendiri dengan bergabung dengan Thomson Reuters dengan menciptakan metodologi baru.

Anda dapat mengecek rangkng perguruan tinggi Nasional maupun Internasional dengan QS Word University Rankings DISINI.

2. Webometrics Ranking of World Universities

Selain QS Word University Rankings, situs yang sering dipergunakan untuk mengetahui rangking perguruan tinggi adalah Peringkat Universitas Dunia Webometrics atau Webometrics Ranking of World Universities. Penilaian Peringkat Universitas kelas dunia ini pada dasarnya berdasar pada capaian hasil publikasi ilmiah perguruan tinggi.

Peringkat perguruan tinggi
Webometric Rank University

Situs peringkat perguruan tinggi yang berdiri sejak 2004 ini selalu di update untuk setiap Bulannya. Anda dapat memanfaatkan situs peringkat perguruan tinggi ini DISINI.

3. 4ICU

Hampir sama dengan situs peringkat perguruan tinggi yang lain, 4ICU dalam melakukan pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan pada popularitas web perguruan tinggi. Situs yang beroperasi sejak Mei 2005 ini berpatokan pada 5 web metric independent, yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains dan Majestic Trust Flow.

Peringkat universitas
Peringkat Universitas 4ICU

Anda dapat menggunakan peringkat perguruan tinggi ini DISINI.

4. Shanghai

Berbeda dengan ketiga situs peringkat perguruan tinggi diatas, Shanghai mengembangkan peringkat perguruan tinggi dunia dengan menilai dari 5 bidang keilmuan, yaitu : Fisika dan Matematika, Teknik dan Ilmu Komputer, Ilmu Pertanian, Obat dan Ilmu Kesehatan dan Ilmu-Ilmu Sosial.

Pemeringkatan perguruan tinggi
Academic Ranking of World University

Model peringkat yang diadopsi dari Peringkat Akademis Universitas Dunia (ARWU) ini diharapkan dapat memberikan pemeringkatan yang lebih spesifik. Dengan dukungan 52 jurusan mata kuliah maka calon mahasiswa dapat menentukan pilihannya dengan tepat.

Anda dapat menggunakan alat peringkat ini DISINI.

Demikianlah 4 peringkat perguruan tinggi popular yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui peringkat perguruan tinggi di seluruh dunia. Ke empat peringkat perguruan tinggi ini dapat Anda gunakan sekaligus untuk menentukan kampus pilihan terbaik Anda. Semoga mendapatkan tempat kuliah yang pas untuk Anda.*

Follow me!

admin

Media Informasi Seputar Kampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.