Tips Memilih Perguruan Tinggi agar Mudah Mencari Kerja

Apa gunanya kuliah kalau setelah lulus tidak bekerja sesuai dengan bidang keahlian Anda. Namun dalam kenyataannya, tidak sedikit sarjana yang bekerja diluar bidang keahliannya. Bahkan tidak sedikit pula yang malahan menjadi pengangguran. Dan akhirnya, mereka bekerja secara asal-asalan, yang penting mendapatkan uang.

Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah cara memilih Perguruan Tinggi atau tempat kuliah yang tidak tepat. Namun sebagian orang beranggapan lain, kuliah itu yang penting sesuai dengan minat dan bakat, serta didukung dengan kemampuan intelektual dan biaya.

Anggapan semacam itu tidaklah salah kalau tujuan kuliah hanya untuk mendapatkan Indek Prestasi (IP) yang tinggi. Sedangkan persaing di dunia kerja semakin ketat. Sehingga yang dijadikan pertimbangan dalam penerimaan lowongan pekerjaan tidak hanya IP, namun masih banyak faktor-faktor pendukung yang lain.  

Bagi Anda lulusan sekolah menengah yang akan melanjutkan kuliah, sebaiknya jangan tergesa-gesa menentukan pilihan Perguruan Tinggi sebagai tempat kuliah Anda. Perlu Anda pikirkan juga prospek kerja setelah Anda lulus kuliah nanti.

Berikut ini adalah beberapa aspek yang perlu Anda perhitungkan dalam menentukan pilihan tempat kuliah Anda.

AKREDITASI

Perlu Anda ketahui bahwa status akreditasi Perguruan Tinggi dibedakan menjadi dua, yaitu akreditasi institusi dan akreditasi jurusan atau program studi.

Akreditasi institusi adalah akreditasi yang berlaku untuk semua jurusan (program studi), bahkan semua fakultas yang ada di Perguruan Tinggi tersebut. Sedangkan akreditasi jurusan, merupakan akreditasi yang diperuntukkan bagi satu jurusan tersebut.

Nah, kalau harus terpaksa untuk memilih, pilihlah jurusan dengan status akreditasi yang lebih baik dari pada status akreditasi institusi. Biasanya kalau jurusan di Perguruan Tinggi masih dalam tahap rintisan, memiliki status akreditasi dibawah A, meskipun dengan status akreditasi institusinya A.

Status akreditasi jurusan ini sangat penting kaitannya dengan kesempatan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Ada juga institusi yang membuka lowongan pekerjaan dengan syarat Perguruan Tinggi asal sudah terakreditasi minimal B.

Artinya, kalau Anda sudah terlanjur kuliah dan lulus dari Perguruan Tinggi yang berstatus akreditasi dibawah B maka Anda sudah tidak memiliki kesempatan mendaftar lowongan pekerjaan tersebut. Mau mendaftar saja sudah tidak masuk kualifikasi, apalagi diterima menjadi pekerja.

Untuk mengetahui status akreditasi Jurusan atau Perguruan Tinggi (Institusi) ini dapat Anda cek di lamannya BAN PT.

FASILITAS KAMPUS

Fasilitas kampus merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan Anda dalam menguasai bidang keilmuwan di kampus. Bagaimana mungkin Anda dapat memiliki kompetensi yang baik kalau fasilitas kuliah saja tidak lengkap.

Beberapa fasilitas kampus yang perlu Anda perhatikan adalah kenyamanan ruang kuliah, ketersediaan laboratorium yang memadai, para dosen nya memiliki latar belakang Pendidikan yang jelas, tersedia Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mendukung pengembangan potensi Anda dan tersedia tempat olah raga yang memadai.

Informasi tentang fasiltas kuliah ini dapat Anda peroleh dengan membuka website atau visit ke kampus yang Anda tuju.

ALUMNI

Dengan penyebaran alumni yang meluas di banyak perusahaan menjadikan lulusan perguruan tinggi tersebut akan semakin mudah untuk mendapatkan kesempatan bekerja.

Biasanya para alumni seringkali memberikan informasi terkait lowwongan pekerjaan tempat mereka bekerja.

Anda dapat mengetahui track record alumni ini dengan interview langsung dengan pihak kampus.

JANGAN TERMAKAN IKLAN

Sudah sewajarnya kalau iklan itu dibuat dengan tampilan menarik dan meyakinkan. Namun kadang apa yang ditampilkan di iklan kurang pas dengan kenyataannya.

Alangkah baiknya Anda tidak membenarkan informasi yang ada di iklan begitu saja. Agar tidak menyesal di kemudian hari, lebih baik Anda cross check terlebih dahulu ke Perguruan Tinggi yang Anda tuju.

PERINGKAT PERGURUAN TINGGI

Pada era milenial seperti ini, kebanyakn orang lebih memilih mencari informasi di internet dari pada blusukan ke TKP. Selain mudah dan cepat mendapatkan informasi, juga lebih hemat biaya dan tenaga.

Sehingga oleh para penilai perguruan tinggi, mulai dikembangkan penilaian Perguruan Tinggi berdasarkan traffic pengunjung ke websitenya. Beberapa laman yang melakukan penilaian Perguruan Tinggi adalah Webometric dan 4ICU.

Perguruan tinggi favorit
Perguruan Tinggi Terbaik
Ranking perguruan tinggi
Ranking Perguruan Tinggi Indonesia (Tahun 2019)

Melalui laman-laman tersebut, Anda dapat mengetahui posisi ranking semua Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta dalam skala Nasional maupun Internasional.

Demikianlah tips memilih Perguruan Tinggi agar Anda mudah dalam mencari pekerjaan. Namun bagaimanapun juga, tanpa dukungan semangat belajar yang tinggi dan mengerti cara belajar yang efektif di Perguruan Tinggi, mustahil Anda akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai bidang keahlian Anda dengan mudah.*

Follow me!

admin

Media Informasi Seputar Kampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.