30+ Daftar Pertanyaan Sidang Skripsi yang Sering Ditanyakan Dosen Penguji

By On Saturday, April 16th, 2022 Categories : Perkuliahan
Kisi-kisi ujian sidang skripsi
Daftar pertanyaan sidang skripsi
(https://www.canva.com/design/DAE-CIsVXUE/1AkslsUcGl2ZKAiDmovdxA/view?utm_content=DAE-CIsVXUE&utm_campaign=share_your_design&utm_medium=link&utm_source=shareyourdesignpanel)

Mahasiswa tingkat akhir yang mengambil mata kuliah skripsi pasti bertanya-tanya ketika akan sidang / ujian skripsi terkait dengan pertanyaan yang apa yang akan dilontarkan oleh para dosen pengujinya. Ada yang bertanya pada beberapa teman yang telah selesai menjalani sidang. Namun demikian tidak sedikit mahasiswa yang masih dag-dig-dug ketika menjelang sidang, terutama dalam menjawab pertanyaan dari para dosen penguji.

Sebenarnya tidak hanya masalah pertanyaan yang menjadi problem mahasiswa dalam mempersiapkan sidang skripsi, seperti penguasaan materi, kesiapan mental dalam menghadapi para penguji, dan lain sebagainya. Karena skripsi merupakan langkah terakhir yang akan Anda tempuh sebelum wisuda maka perlu tips dan triks agar kuliah Anda cepat lulus.

Berikut ini adalah hasil wawancara dengan Muh Amin – dosen S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) – seusai pelaksanaan Sidang Tugas Akhir (TA) di Gedung Fakultas Teknik 613 Jl. Kedungmundu Raya 18 Semarang. Terkait dengan kisi-kisi sidang skripsi atau pertanyaan-pertanyaan umum yang sering dilontarkan kepada mahasiswa saat sidang TA (Tugas Akhir) atau Skripsi oleh TREN KAMPUS dilaporkan sebagai berikut:

A. PERTANYAAN TERKAIT DENGAN JUDUL SKRIPSI

Ibarat orang, judul merupakan wajah dari seseorang. Buatlah judul yang semenarik mungkin agar pembaca, terutama dosen penguji skripsi menjadi terpesona. Selain itu, judul skriopsi harus bisa mewadahi seluruh isi laporan skripsi. Sehingga judul harus dibuat secara singkat dan padat serta juga harus menarik.

Beberapa pertanyaan terkait dengan judul skripsi adalah:

  1. Apa alasan Saudara mengambil judul itu?
  2. Apa yang melatarbelakangi dalam penyusunan skripsi Saudara?
  3. Mengapa Saudara memilih judul itu, emangnya sebenarnya ada permasalahan apa?
  4. Kenapa Saudara tertarik dengan judul itu? Jelaskan Alasannya.
  5. Jelaskan definisi-definisi konsep yang ada di skripsi Saudara?
  6. Batasan apa yang Saudara tentukan dalam penyusunan laporan skripsi ini?
  7. Mengapa Saudara mengangkat topik/tema seperti itu, padahal peneliti lain sudah banyak yang melakukannya? Tunjukkan perbedaannya dengan peneliti lain (peneliti terdahulu)?
  8. Apa manfaat dari laporan skripsi ini?
  9. Siapakah calon pengguna hasil Skripsi ini?
  10. Tujuan yang Saudara harapkan dari laporan skripsi ini apa?
  11. Bagaimana cara Saudara menemukan tujuan tersebut?

B. PERTANYAAN TERKAIT DENGAN LANDASAN TEORI

Landasan teori dibuat guna memudahkan peneliti dalam menentukan Langkah-langkah apa yang akan dilakukan dalam penelitiannya. Gunakan landasan teori dari berbagai sumber yang mendukung penelitian Saudara saja. Teori-teori yang tidak mendukung dibuang aja ya. Ingat, kualitas laporan skripsi itu tidak dilihat oleh tebal atau jumlah halamannya.

Utamakan landasan teori dari sumber rujukan yang  berbobot, misalnya artikel jurnal Internasional bereputasi, jurnal  Nasional terakhreditasi atau proceding Internasional. Setelah itu paling tidak ya buku-buku referensi. Hindari penggunaan sumber rujukan dari website karena kadang kurang bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Mohon dijelaskan bagaimana korelasi antara hasil penelitian Saudara dengan penelitian terdahulu (penelitian yang sudah dilakukan oleh orang lain atau diri sendiri)?
  2. Mengapa hasil penelitian Saudara jauh lebih baik/jelek dengan penelitian terdahulu? Ada apa di situ?
  3. Tunjukkan teori atau hukum apakah yang menjadi landasan Saudara dalam melakukan penelitian ini?
  4. Apa gaya penulisan sitasi atau rujukan yang Saudara pergunakan dalam penulisan laporan Skripsi ini?
  5. Tunjukkan novelty atau kebaruhan apa yang Saudara lakukan dalam penelitian ini?

C. PERTANYAAN TERKAIT DENGAN METODOLOGI

Buatlah metode penelitian secara detail dan runtut. Mintalah temen atau siapa saja untuk membaca metodologi yang Anda buat. Kalau pembaca tadi sudah memiliki gambaran cara melakukan penelitian yang sesuai dengan harapan Anda berarti tulisan Anda sudah baik. Jika belum, perbaikilah tulisan Anda hingga orang lain tahu maksud Anda.

  1. Metode apa yang Saudara pergunakan dalam menyelesaikan persoalan Skripsi?
  2. Jika metode tersebut ternyata tidak dapat menyelesaikan persoalan, Langkah apakah yang akan Saudara lakukan?
  3. Bagaimana cara Saudara mendapatkan bahan baku penelitian? Bagaimana prosesnya?
  4. Peralatan apa saja yang Saudara pergunakan dalam penelitian ini?
  5. Bagaimana cara Saudara menyiapkan specimen dari bahan baku?
  6. Jelaskan prosedur pelaksanaan penelitian yang Saudara lakukan?

D. PERTANYAAN TERKAIT DENGAN HASIL DAN PEMBAHASAN

Sebisa mungkin buatlah alasan dari hasil penelitian Anda secara logis dan berdasarkan kaidah ilmiah. Jangan sampai hasil penelitian berupa data berbentuk grafik saja tanpa ada pembahasan ‘MENGAPA’ nya.

Hasil penelitian tidak harus memperbaiki dari hasil penelitian terdahulu. Jadi, jangan malu-malu kalau ternyata hasil penelitian Anda jauh lebih jelek dari yang sudah-sudah. Tunjukkan saja alasannya pada Dosen Penguji. Itulah yang akan dinilai baik oleh Dosen Penguji Saudara.

Lebih baik hasil penelitian yang jelek tapi bisa menjelaskan alasannya dari pada hasil penelitian yang bagus tapi tidak bisa menjelaskan alasannya.

Satu lagi yang perlu Anda ingat adalah sinkronisasikan antara hasil penelitian dengan tujuan penelitian yang ada di BAB sebelumnya. Jangan sampai hasil penelitian tidak mampu menjawab dari tujuan penelitian. Kalau Anda membuat tujuan penelitian berjumlah 3 maka di pembahasan juga membahas ketiga tujuan penelitian tersebut. Anda tidak perlu menambah atau mengurangi.

  1. Apakah hasil yang Saudara peroleh sudah bisa menjawab tujuan penelitian?
  2. Berikan alasan, mengapa hasil penelitian Saudara jauh lebih baik/jelek dibandingkan dengan penelitian terdahulu?
  3. Tunjukkan posisi hasil penelitian Saudara terhadap penelitian-penelitian terdahulu?
  4. Jelaskan perbedaan dan kesamaan hasil peneltian Saudara dengan penelitian terdahulu?
  5. Nilai-nilai penting apa yang dapat Saudara tunjukkan dari hasil penelitian ini? Tunjukkan dengan data.

E. PERTANYAAN TERKAIT DENGAN KESIMPULAN DAN SARAN

Buatlah kesimpulan beradasarkan inti sari dari pembahasan. Jangan sampai Anda menuliskan diluar topik pembahasan. Sedangkan saran sangat berguna bagi peneliti berikutnya. Isi dari saran adalah beberapa hal yang belum tersentuh oleh penelitian yang Anda lakukan.

  1. Seberapa jauh keberhasilan Saudara dalam menyelesaikan persoalan yang Saudara angkat di Skripsi?
  2. Seberapa puaskah Saudara dalam membuat Skripsi ini?
  3. Rencana apa yang akan Sudara lakukan untuk mengembangkan penelitian ini?
  4. Seberapa jauh Saudara menyarankan menggunakan hasil peneltian kepada masyarakat?
  5. Mengapa Saudara memberikan saran tersebut? Jelaskan

PENUTUP

Daftar pertanyaan sidang skripsi yang diuraikan diatas bersifat umum. Jadi daftar pertanyaan sidang skripsi yang biasa ditanyakan oleh Dosen Penguji ini dapat digunakan untuk semua program studi di fakultas karena bersifat umum.

Demikian daftar pertanyaan sidang skripsi yang sering ditanyakan oleh dosen penguji dan pembimbing skripsi pada saat sidang skripsi berlangsung. Semoga tulisan ini dapat menjadi gambaran bagi Anda yang akan maju dalam sidang skripsi. Ingat, jangan lupa berdo’a dan minta do’a restu dari orang tua juga agar dimudahkan jalan. Moga lulus ya.*

30+ Daftar Pertanyaan Sidang Skripsi yang Sering Ditanyakan Dosen Penguji | admin | 4.5
Leave a Reply