Cara Berbagi File di Google Drive

By On Wednesday, March 24th, 2021 Categories : Tekno
Cara berbagi file di google drive
Berbagi dokumen di google drive

Berbagi file di Google Drive merupakan salah satu pilihan cara efektif berkolaborasi dengan team work. Selain berbagi file, Anda juga memungkinkan untuk saling melakukan edit dokumen. Uniknya lagi, Anda tak perlu download dan mengirimkan ulang dokumen tersebut.

Bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa sangat penting untuk mengetahui ini. Biasanya dosen-dosen sudah mengunakan google drive untuk melayani bimbingan skripsi, tugas akhir, atau tugas kuliah lainnya.

Mudahnya, Anda sudah tidak perlu ribet lagi menggunakan aplikasi tambahan, seperti email, flashdisk dan WhatsApp hanya untuk sekedar berbagi file dokumen, video, gambar, music, dan lain sebagainya.

Cara berbagi file di Google Drive pun sangat mudah. Anda tidak perlu menambahkan perangkat tambahan atau men-download aplikasi terlebih dahulu. Tinggal men-setting dokumen dari bersifat private menjadi public atau open.

KEUNTUNGAN MENGGUNALAN GOOGLE DRIVE

Teknologi diciptakan pasti ada manfaatnya, seperti halnya Google Drive ini. Beberapa keuntungan menggunakan Google Drive adalah sebagai berikut:

  1. Kemudahan membagikan file dokumen. Anda tak perlu lagi peralatan tambahan seperti Email, Message, Chat, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya untuk mengirimkan dokumen.
  2. Memungkinkan mengerjakan satu dokumen secara bersamaan. Satu dokumen yang Anda bagikan di Google Drive memungkinkan bisa di review dan di edit secara bersamaan dalam waktu yang bersamaan sekaligus.
  3. Terintegrasi dengan Aplikasi tertentu, seperti Adobe, Autodesk, dan lain sebagainya
  4. Kapasitas penyimpanan yang cukup besar yaitu hingga 15 GB. Namun jika Anda masih merasa kurang, Anda bisa upgrade ke Google One.

CARA MENDAPATKAN APLIKASI GOOGLE DRIVE

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan aplikasi google drive adalah:

  1. Situs resmi Google Drive di www.drive.google.com
  2. Halaman search engine google
  3. Melalui halaman email

CARA SETTING GOOGLE DRIVE

Ketika Anda meng-upload file ke Google Drive, secara default sudah disetting secara private. Hal ini bertujuan untuk keamanan data Anda. Sedangkan untuk bisa membagikan file ke semua orang atau ke orang tertentu saja, Anda perlu melakukan setting terlebih dahulu.

A. CARA MEMBAGIKAN FILE KE ORANG TERTENTU

Cara untuk membagikan file ke orang tertentu saja, yaitu:

  1. Pertama tentu kalian harus upload terlebih dahulu file yang akan kalian bagikan di Google Drive. Caranya kalian masuk dulu ke Google Drive dengan salah satu alamat email. Setellah itu, tinggal Klik Kanan di bagian tempat file akan kalain upload.
  2. Klik kanan pada file yang akan kalian bagikan. Lalu klik SHARE untuk membagikan file tersebut.
  3. Sampai pada tahap ini file sudah dapat kalian bagikan ke orang yang memiliki link file di Google Drive. Link Google Drive untuk file yang kalian buat dapat kalian peroleh di Get Link dengan meng klik Copy Link seperti pada gambar di bawah.

B. CARA MEMBAGIKAN FILE KE SEMUA ORANG

Cara membagikan file ke semua orang adalah:

  1. Lakukan cara membagikan file ke orang tertentu seperti pada cara diatas hanya sampai Langkah ke dua.
  2. Setelah itu, setting terhadap penerima file. Jika kalian hanya mengijinkan untuk bisa melihat saja (Pilih View View). Jika mengijinkan orang lain untuk berkomentar (Pilih Commenter). Dan mengijinkan orang lain untuk bisa melakukan edit file (Pilih Editor).
  3. Selanjutnya, kalian ikuti Langkah ke 3 pada cara diatas untuk mendapatkan Link Google Drive.
Cara menggunakan Google Drive
Aplikasi Googel Drive
Berbagi file google drive
Cara Membagikan File di Google Drive

PENTING

Ketika Anda sudah mensetting file ke arah public maka siapapun bisa melihat isi file yang Anda bagikan tersebut. Maka berhati-hatilah Ketika melakukan setting. Jangan sampai dokumen penting yang bersifat rahasia malah tersetting ke public.*

Cara Berbagi File di Google Drive | admin | 4.5
Leave a Reply