Cara Download Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

By On Thursday, January 2nd, 2020 Categories : Tekno
Cara download gambar berkualitas
Download Gambar Bagus

Guna melengkapi dokumen Laporan Skripsi (Tugas Akhir) atau Kerja Praktek, kadang mahasiswa diarahkan oleh dosen pembimbingnya untuk mengambil gambar dari internet atau ebook. Tindakan pengambilan gambar milik orang lain seperti itu tidaklah bermasalah asal mencantumkan sumber referensi. Selain itu, gambar harus jelas dapat terbaca dengan mudah.

Dalam kenyataannya, banyak mahasiswa yang mengambil gambar dari internet atau copy/paste ebook tidak sebagus sumber aslinya. Hal ini dikarenakan cara men-download atau screenshot gambar yang kurang tepat. Biasanya gambar menjadi pecah ketika diperbesar karena memiliki resolusi yang rendah.

CARA MEMBUAT GAMBAR BERKUALITAS

Cara mudah untuk mendapatkan gambar atau foto sebagai data pendukung Laporan Skripsi atau Kerja Praktek adalah dengan memanfaatkan internet. Melalui search engine atau ebook yang kalian download terlebih dahulu.

Namun jika kalian tidak mengetahui cara download atau screenshot gambar dengan benar maka hasilnya malah berantakan. Gambar menjadi pecah-pecah dan tidak terbaca dengan jelas.

Agar gambar hasil download atau screenshot gambar kalian bagus, ikutilah cara-cara berikut ini:

1. CARA DOWNLOAD GAMBAR DARI SEARCH ENGINE

Setelah mengetikkan kata kunci pada kotak tombol search engine, semisal Google, akan muncul beberapa gambar ketika kalian Klik Image atau Gambar. Jika pengambilan gambar kalian lakukan dengan cara klik kanan pada gambar tersebut, lalu kalian simpan atau copy/paste maka sudah dapat dikatakan pasti hasilnya kurang bagus. Gambar akan pecah-pecah ketika dibesarkan.

Cara download gambar berkualitas
Download Gambar dari Google

Cara yang benar adalah dengan megklik gambar tersebut hingga masuk ke laman website gambar tersebut. Setelah masuk ke website nya, barulah kalian bisa menyimpan atau mengkopinya.

2. CARA SCREENSHOT GAMBAR DARI EBOOK

Cara yang dapat kalian lakukan ketika mengambil gambar dari ebook adalah dengan screenshot. Agar hasil screenshot memiliki kualitas yang baik maka sebelum kalian screenshot, terlebih dahulu perbesar terlebih dahulu gambar sasaran.

Setelah kalian perbesar, barulah kalian bisa menyimpannya atau copy/paste ke dokumen kalian.

Cara screenshot pdf
Screenshot Gambar PDF

Caranya:

  1. Buka file PDF dengan Adobe Reader atau software yang sejenisnya.
  2. Lalu Klik EDIT pada Navigasi Bar yang ada di bagian atas.
  3. Pilih Take a Snapshot.
  4. Select gambar yang akan kalian ambil.
  5. Perbesar menurut kebutuhan dengan cara menariknya.

3. CARA MENGAMBIL GAMBAR DARI WEBSITE

Layanan penyedia gambar baik yang gratisan maupun berbayar di internet kini cukup banyak. Seperti misalnya pixabay, freepic, atau sejenisnya.

Cara Download Gambar dari Website
Download Gambar dari Website atau Blog

Pada saat kalian men-download gambar biasanya diberikan pilihan ukuran gambar atau resolusinya. Nah kalian bisa memilih menurut kebutuhan. Setelah itu baru kalian download.

4. CARA MENGAMBIL GAMBAR DARI HP

Ketika mahasiswa melakukan kerja praktek kadang oleh pembimbing lapangan disarankan untuk mencari literatur ke perpustakaan di perusahaan setempat. Biasanya buku-buku yang ada di perpustakaan itu hanya boleh dibaca dan tidak boleh dibawa pulang.

Dengan memanfaatkan HP atau Smartphone, kalian bisa mendapatkan file gambar atau foto yang kalian inginkan tanpa mengurangi kualitasnya.

Aplikasi scanner dokumen
Aplikasi Scanner Android

Kalau mengambil gambar berupa foto, kalian bisa mensetting resolusi yang tinggi di kamera kalian. Namun jika berbentuk teks atau diagram lebih baik kalian menggunakan Aplikasi Scan untuk Android.

CARA MENGATUR UKURAN GAMBAR

Gambar-gambar dengan ukuran resolusi yang besar akan memperlambat pengoperasian MS Word. MS Word yang kalian operasikan akan semakin berat dan lemot. Oleh karena itu perlu kalian turunkan resolusinya.

Cara setting ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas
Cara Mengatur Ukuran Gambar tanpa Mengurangi Kualitas

Cara menurunkan resolusi gambar adalah dengan mengkompresnya. Caranya yaitu dengan mengklik 2 kali gambar yang ada di MS Word. Lalu pilih resize. Sesuaikan resolusi gambar menurut kebutuhan kalian.

Kalian tidak perlu mengklik semua gambar yang ada di MS Word karena sudah disediakan fasilitas untuk me-resize satu file gambar atau keseluruhan file gambar yang ada di dokumen.

Demikianlah cara membuat gambar berkualitas dari hasil download atau screenshot ebook yang dapat kalian lakukan. Semoga bermanfaat.*

Cara Download Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas | admin | 4.5
Leave a Reply