Cara Gunakan ZOOM Video Conference di PC dan Android

By On Friday, March 20th, 2020 Categories : Tekno
Cara Menggunakan ZOOM Cloud Meeting
ZOOM Cloud Meeting

Kolaborasi antara pengajar dan peserta didik merupakan salah kunci sukses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi video conferences.

Aplikasi Zoom Cloud Meetings adalah satu dari sekian banyak media live streaming yang digemari. Meski dengan versi gratis / free, kualitas hasilnya tidak mengecewakan. Cara menggunakannya sangat mudah, lagi.

APA ITU ZOOM CLOUD MEETINGS?

Seperti yang dilansir di Wikipedia, Zoom Cloud Meetings yaitu sebuah perusahaan layanan konferensi jarak jauh yang berkantor pusat di San Jose, California. Layanan online yang disediakan olehnya dirancang sedemikian rupa dengan menggabungkan beberapa fitur, seperti: Video Conferences, Chatting dan Kolaborasi Seluler.

Kelengkapan fitur yang dimiliki itulah Zoom Cloud Meeting kini banyak dipergunakan oleh dosen atau guru untuk melakukan pembelajaran secara online (Pembelajaran Jarak Jauh / PJJ) atau e-learning (blended learning). Lebih dari itu, aplikasi ini juga banyak dipakai dalam seminar atau workshop online.

Hingga kini lebih dari 10.000.000 pengguna di dunia telah memanfaatkan Zoom Cloud Meetings. Untuk mendapatkan fasilitas yang istimewa memang harus berbayar (Premium). Tapi untuk kegiatan proses pembelajaran, meeting dan workshop saya kira sudah cukup dengan versi gratis.

Satu lagi keistimewaan dari Zoom Cloud Meetings adalah tidak hanya dapat dioperasikan lewat PC atau laptop namun juga di HP atau Smartphone.

CARA DOWNLOAD DAN INSTAL APLIKASI ZOOM

Apabila kalian ingin menginstal Zoom Cloud Meeting di PC, kalian dapat men-download-nya di situs https://zoom.us. Sedangkan untuk HP, kalian dapat menemukan lewat Playstore dengan mengetikkan kata kunci ‘Zoom Cloud Meetings’ di kolom search.

Aplikasi Zoom Cloud Meetings
Aplikasi Zoom Cloud Meetings

Cara menginstalnya sama seperti aplikasi yang lain, tinggal ikuti aja hingga selesai. Setelah itu langsung dapat kalian gunakan.

KEUNGGULAN ZOOM CLOUD MEETINGS

Keunggulan dari aplikasi Zoom Cloud Meetings adalah:

  1. Kualitas gambar dan video yang bagus
  2. Kualitas layar berbagi yang baik
  3. Bisa untuk share secara langsung di HP
  4. Bisa untuk berbagi di situs website, Google Drive, Dropbox, dan lain sebagainya
  5. Mudah dalam pengiriman file berbentuk teks, foto, gambar dan audio ke grup antar HP dan PC
  6. Bisa menunjukkan status kontak
  7. Mudah dalam membagikan undangan mengikuti konferensi (melalui email dan telepon)
  8. Terdapat duan pilihan menjadi audiens, sebagai peserta aktif atau hanya menonton saja
  9. Beroperasi pada layanan WiFi, 4G, LTE dan 3G
  10. Keamanan penggunaan terjaga
  11. Aplikasi dapat digunakan pada perangkat selular, PC dan telepon

CARA MENGGUNAKAN ZOOM CLOUD MEETING DI PC

1. Login atau sign up ke situs https://zoom.us (gratis / free)

Login dapat kalian lakukan dengan 2 cara. Dengan memasukkan email dan password yang sudah terdaftar atau lagin melalui akun sosmed.

Apabila kalian belum pernah mendaftar ke Zoom Cloud Meetings, kalian akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu.

Pilihlah Sign Up untuk registrasi. Tidak ribet kon, kalian hanya diminta untuk memasukkan alamat email dan nama pengguna saja. Setelah itu kalian mendapatkan notifikasi melalui email untuk konfirmasi.

Cara menggunakan video conference untuk e learning
Video conference untuk Pembelajaran Jarak Jauh – PJJ

2. Setelah registrasi, kalian sudah langsung bisa menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meetings

3. Kalian bisa mengatur Profile melaui Menu Personal yang ada di sebelah kiri layar PC

4. Sebenarnya tanpa login pun kalian juga bisa mengikuti video conference namun identitas kalian tidak dikenal oleh peserta lain.

5. Untuk memulai atau membuat video conference, kalian harus membuat ‘Meeting ID’ terlebih dahulu. Setelah itu kalian dapat membagikannya ke teman yang akan kalian undang dalam video conference.

6. Bagi kalian yang ingin bergabung dalam video conference dapat memasukkan Meeting ID tersebut supaya bisa bergabung.

FITUR-FITUR ZOOM CLOUD MEETINGS

Banyak sekali fitur Zoom Cloud Meetings yang dapat kalian gunakan walau dengan versi gratis. Berikut ini adalah beberapa fitur penting yang sering digunakan oleh kebanyakan orang:

SCHEDULE A MEETING

Menu ini berguna untuk membuat rencana jadwal conference. Kalian dapat merencanakan hari, tanggal dan jam pelaksanaan. Setelah itu dapat kalian bagikan di undangan.

JOINT A MEETING

Menu ini berguna untuk bergabung dalam video conference. Misalnya mengikuti kuliah online, seminar atau workshop. Kalian hanya memasukkan Meeting ID yang disarankan oleh host video conference.

Host adalah pengguna Zoom Cloud Meetings yang mengawali mengadakan video conference. Host inilah yang membuat Meeting ID.

HOST A MEETING

Menu ini hanya berlaku bagi host. Kalian bisa mengatur conference dengan menggunakan video, tanpa video dan hanya tampilan layar.

CARA MENGGUNAKAN ZOOM CLOUD MEETINGS DI HP ANDROID

Dengan menggunakan HP Android, kalian lebih mudah dalam menggunakan Zoom Cloud Meetings.

  1. Buka aja aplikasi Zoom Cloud Meetings yang sudah terinstal di HP kalian. Tanpa harus login atau sign up, kalian sudah bisa masuk ke aplikasi.
  2. Untuk bisa bergabung dalam video conference, tinggal memasukkan Meeting ID. Atau bisa juga mengklik tautan link yang dikirimkan oleh host melalui Messenger.
  3. Selanjutnya pilih ‘Open with Zoom Cloud Meetings’
  4. Ketikkan nama dan klik OK
  5. Akhiri dengan mengklik ‘Call via Device Audio’. Lalu kalian bisa mengatur untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk video conference, kalian bisa memilih Video.

TIPS MENGGUNAKAN ZOOM CLOUD MEETINGS

Bila menggunakan Zoom Cloud Meetings di PC pastikan browser yang kalian gunakan adalah Google Chrome.

Ketika mengikuti video conference – terutama dalam mengikuti perkuliahan online atau e-learning (blended learning) – pastikan mengisi profile dengan jelas. Seperti nama lengkap dan NIM agar dikenali oleh dosen kalian. Tujuannya agar dosen bisa mudah dan tepat dalam memberikan penilaian mahasiswa nantinya.*

Cara Gunakan ZOOM Video Conference di PC dan Android | admin | 4.5
Leave a Reply