Cara Membuat Header Tabel Menyambung Halaman Berikutnya di Word

By On Saturday, December 21st, 2019 Categories : Tekno
Cara membuat header tabel di word menyambung halaman berikutnya
Header Tabel di MS Word

Header Table adalah bagian paling atas atau top dari sebuah tabel yang menjadi acuan dari isi sebuah tabel. Karena hanya terletak dibagian atas tabel, maka Header Table ini tidak muncul ketika tabel tersebut menyambung pada halaman berikutnya.

Agar pembaca dokumen kalian tidak kesulitan dalam memahami tabel maka pada halaman berikutnya perlu ditambahkan header table.

Cara yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk memunculkan header table pada halaman berikutnya adalah dengan melakukan copy/paste Header Table tersebut.

Cara seperti itu tentu tidaklah efektif dan terkesan rumit. Belum lagi kalau ada perubahan isi tabel pada halaman pertama, seperti ada penambahan atau pengurangan jumlah baris.

Akibatnya, Header Table hasil copy/paste akan bergeser maju atau mundur, sehingga header table tidak lagi pas di top.

REPEAT HEADER OTOMATIS

Cara membuat Header Table di MS Word secara otomatis adalah dengan Menu Repeat Header. Dengan memanfaatkan menu ini kalian sudah tidak perlu lagi melakukan copy/paste Header Table kalian.

Dengan menggunakan Menu Repeat Header ini, kalian tidak akan direpotkan lagi dalam mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan penyusunan dokumen, seperti menyusun skripsi, artikel ilmiah, proposal PKM, tugas kuliah, karya ilmiah, jurnal ilmiah, makalah, atau sejenisnya.

CARA MEMBUAT HEADER TABLE OTOMATIS

1. Tentukan Header Table yang akan kalian jadikan acuan untuk halaman berikutnya dengan cara menyorot atau select semua kata yang berada di Header Table.

2. Selanjutnya pilih Menu Table Tools yang ada di bagian paling kanan atau belakang Menu Bar di MS Word. Setelah itu kalian lanjutkan dengan mengklik Menu Layout.

Perlu kalian cermati bahwa, di menu bar MS Word terdapat dua jenis Menu Layout. Pertama, Layout yang berada di Menu Bar utama itu sendiri – biasanya berada di setelah Menu File, Home, Insert dan Design.

Kedua, Layout yang menjadi Sub Menu Table Tools yang berada di bagian akhir Menu Bar utama MS Word. Menu Table Tools ini membawahi 2 sub menu lagi, yaitu Design dan Layout.

Sedangkan untuk membuat header table secara otomatis ini kalian bisa menggunakan Menu Layout yang kedua, yaitu Layout yang menjadi bagian dari Menu Table Tools.

3. Setelah mengklik Menu Table Tools, pilihlah Repeat Header Rows.

Kalian dapat menemukan Sub menu Repeat Header Rows dibagian bagian paling kanan layer PC kalian yang berada di bawah Menu Tabel Tools. Untuk lebih jelasnya kalian dapat mencermati gambar berikut ini:

Membuat tabel header menyambung di word
Cara Membuat Header Tabel Menyambung di MS Word

4. Dengan mengklik ‘Repeat Header Rows’ maka kalian sudah secara otomatis memiliki header table pada halaman berikutnya.

PENTING

Menu Repeat Header Rows berada di Menu Layout yang menjadi bagian dari Menu Table Tools dan bukan Menu Layout yang berada di Menu Bar MS Word lho ya..

Kalau Menu Layout yang berada di Menu Bar utama MS Word berguna untuk setting format dukumen, seperti ukuran kertas, batas margin kertas, jenis dan bentuk font yang kalian gunakan, dan lain sebagainya.

Itulah cara membuat Repeat Header di MS Word yang cukup mudah dan cepat. Dengan memanfaatkan ‘Repeat Header Rows’ pada MS Word maka pekerjaan pengaturan dokumen kalian menjadi lebih simpel dan pekerjaan kalian akan cepat terselesaikan.

Apabila kalian menginginkan perubahan atau mau menghilangkan Repeat Header otomatis, kalian tinggal mengklik ‘Repeat Header Rows’ lagi. Selamat mencoba.*

Cara Membuat Header Tabel Menyambung Halaman Berikutnya di Word | admin | 4.5
Leave a Reply