Cara Membuat Sertifikat di Word dan Excel Secara Otomatis

By On Sunday, November 24th, 2019 Categories : Tekno

MS Word dan MS Excel merupakan kedua software yang sangat popular di masyarakat. Selain mudah dalam pengoperasiannya, software milik Microsoft ini juga tidak banyak menyita RAM computer sehingga terasa ringan dan cepat dalam mengerjakan tugas harian Anda.

Selain untuk mengerjakan tulis menulis, MS Word juga dapat digunakan untuk mengerjakan pembuatan sertifikat dengan mudah dan cepat. Mengenai hasilnya, tak kalah dengan hasil desain grafis dengan menggunakan Corel Draw, Photoshop, atau software desain grafis yang lain.

Pembuatan sertifikat merupakan suatu kegiatan membuat dokumen secara berulang-ulang dengan identitas masing-masing personil yang tidak sama. Gabungan antara MS Word dan MS Excel diyakini mampu mengatasi pekerjaan yang bersifat pengulangan seperti ini.

KEUNGGULAN

Keunggulan membuat sertifikat dengan MS Word dan Excel adalah:

  1. Proses pengerjaan lebih cepat karena tidak perlu menuliskan satu persatu identitas personal dalam sertifikat tersebut
  2. Kesalahan dalam penulisan identitas dapat dihindari
  3. Tidak banyak membutuhkan penyetingan
  4. Mudah dalam pengoperasian
  5. Apabila terjadi koreksi, mudah dalam pembenahan.

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

Sebelum membuat sertifikat dengan menggunakan MS Word dan MS Excel, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:

  1. Pastikan software MS Word dan MS Excel terinstal di computer
  2. Gunakan salah satu software grafis, seperti Corel Draw, Photoshop, Adob premier, atau yang sejenisnya

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT SERTIFIKAT

Untuk membuat sertifikat dengan menggunakan MS Word dan MS Excel adalah sebagai berikut:

1. DESAIN SERTIFIKAT

Gunakan salah software desain grafis yang paling mudah menurut Anda. Bebas, apa saja terserah. Boleh dengan menggunakan Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, SketchUp, atau software sejenisnya.

Buatlah sertifikat kosong (tanpa menuliskan identitas personal). Untuk penulisan identitas seperti Nama, Tanggal Lahir, Alamat, atau yang lain nanti di MS Word dan MS Excel saja.

Sebagai contoh dalam membuat sertifikat Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat – Universitas Muhammadiyah Semarang seperti ini:

Desain sertifikat
Desain Sertifikat

2. MEMBUAT DATA DI EXCEL

Data yang perlu Anda masukkan di MS Excel adalah beberapa informasi yang terkait dengan identitas pemilik sertifikat. Misalnya dalam pembuatan sertifikat Seminar Nasional seperti ini:

Cara membuat sertifikat dengan excel
Informasi Sumber Data

Jangan lupa simpan berkas excel di Drive c:\sertifikat.

3. MENGGABUNGKAN DATA EXCEL DI MS. WORD

Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah membuka MS Word, lalu mengambil gambar hasil desain sertifikat yang telah Anda buat sebelumnya dengan menggunakan software yang Anda sukai.

Setelah itu, mengaitkan data Excel ke gambar sertifikat yang berada di MS Word. Caranya diuraikan secara detail di bawah.

4. PREVIEW

Pastikan sebelum Anda cetak, sertifikat sudah benar-benar sesuai dengan yang Anda harapkan. Beberapa point penting yang pelu Anda cek adalah kesesuaian antara NAMA dengan POSISI dalam kegiatan tersebut.

Untuk melihat hasilnya, Anda dapat mengklik Preview. Lalu Anda dapat melihat semua sertifikat satu persatu dengan mengklik TANDA ANAK PANAH ke kanan atau ke kiri di samping Tombol Preview tersebut.

Cara membuat sertifikat dengan mudah
Cara Melihat Hasil Desain

Hasil preview seperti ini:

Membuat sertifikat dengan cepat
Melihat Hasil Desain Sertifikat

6. EDIT TULISAN

Untuk menghilangkan kotak dan dasar berwarna putih yang menghalangi background adalah dengan mengklik kanan kedua kotak tersebut. Selanjutnya aturlah FILL dan OUTLINE sehingga berubah menjadi transparan.

Sertifikat dengan Excel
Edit Sertifikat

7. PRINT SERTIFIKAT

Setelah hasil Preview sudah cocok dengan yang Anda harapkan, kini saatnya mulai untuk ngeprint sertifikat tersebut. Caranya dengan mengklik Tombol Finish & Merge yang ada di samping kanan Preview, lalu pilih Print Dokumen.

Seperti cara ngeprint yang lain, Anda diberi kesempatan untuk mengeprint secara keseluruhan atau hanya sebagian saja yang Anda inginkan.

Membuat sertifikat otomatis dengan Word dan Excel
Preview Hasil Desain

Setelah Anda print, beginilah hasil sertifikatnya:  

Sertifikat
Hasil Sertifikat

CARA MENGGABUNGKAN DATA EXCEL DI MS. WORD

Setelah membuat sertifikat kosong dengan menggunakan salah satu software desain grafis, langkah selanjutnya adalah mengisi sertifikat tersebut menurut data yang Anda buat di Excel. Namun dalam pelaksanaannya, Anda lakukan semua di MS. Word.

Jadi, ketiga data tersebut selanjutnya Anda selesaikan di MS Word. Nampaknya sangat rumit, tapi kalau sudah mencoba ternyata sangat mudah dan cepat.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggabungkan data di Excel dengan MS Word yang dapat Anda ikuti.

  1. Buka MS Word
  2. Memasukkan Gambar Hasil Desain ke MS Word

Cara memasukkan gambar hasil desain ke MS Word yaitu dengan : Insert à Picture kemudian cari lokasi penyimpanan gambar sertifikat hasil desain tadi.

Agar gambar menempati posisi di bawah ketika Anda menuliskan identitas orang maka klik kanan gambar kemudian pilih TEXT WRAPPING à BEHIND TEXT.

  • Selanjutnya pilih MAILINGS lalu kiln START MAIL MERGER dan pilih LETTERS.
Cara mudah membuat sertifikat
Cara Mudah Membuat Sertifikat
  • Upload Data Excel ke MS Word

Cara memasukkan data Excel ke MS Word adalah dengan mengklik MAILLING lalu SELECT RECIPIENTS dan pilih USE AN EXITING LIST.

Sertifikat otomatif
Upload Data Excel ke Word

Selanjutnya arahkan File Data Excel yang Anda buat di Drive C, lalu pilih SHEET 1.

Sinkronisasi Data Excel
Sinkronisasi Data Excel ke Word
  • Masukkan Data Excel yang dibutuhkan ke layout sertifikat dengan cara INSERT MERGE FIELD, lalu tentukan isian kolom dengan memilih F1 dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan. F menunjukkan Kolom yang ada di Excel.

Keterangan mengenai F seperti pada gambar bahwa untuk merujuk ke NAMA maka perlu memilih F3 dan POSISI ke F4.

Cara membuat sertifikat dengan mudah dan cepat
Keterangan Data Excel
  • Atur hasil insert field pada layout sertifikat.

Anda dapat mengatur jenis huruf, ukuran font dan sebagainya.

PENTING

Agar dapat terhubung antara data Excel dan Word maka semua file yang telah Anda buat harus di simpan di Drive C.

Demikianlah uraian cara mudah dan cepat membuat sertifikat dengan menggunaakan MS Word dan MS Excel secara bersamaan. Dengan mengikuti tutorial ini, semoga Anda tidak lagi direoptkan dalam membuat sertifikat. Selamat mencoba.*

Cara Membuat Sertifikat di Word dan Excel Secara Otomatis | admin | 4.5
Leave a Reply