Cara Mudah Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi

By On Saturday, May 23rd, 2020 Categories : Kampus
Cara mengecek akreditasi perguruan tinggi
Cek Akreditasi Prodi dan Institusi

Mengecek akreditasi perguruan tinggi dan prodi sebelum memutuskan untuk mendaftar kuliah adalah sangat penting. Selain bermanfaat dalam proses kuliah, juga sangat mendukung peluang kerja lulusan.

Sekarang ini sudah mulai diperhitungkan akreditasi perguruan tinggi dalam melamar pekerjaan, terutama CPNS atau perusahaan-perusahaan bonafit, seperti Perusahaan BUMN.

Akreditasi Perguruan Tinggi

Akreditasi perguruan tinggi yaitu bentuk pengakuan mutu dari pihak eksternal mengenai input, proses dan hasil dari sistem maupun manajemen mutu pendidikan di sebuah perguruan tinggi. Pengakuan mutu yang didasarkan pada beberapa tolok ukur ini sudah diakui secara Regional, Nasional dan Internasional.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan Lembaga resmi pemerintah yang bertugas menilai dan menerbitkan status akreditasi perguruan tinggi, baik institusi maupun program studi (prodi).

Hal ini telah tertuang di UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti 44/2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan Permenristekdikti 32/2016.

BAN-PT

BAN-PT merupakan badan akreditasi perguruan tinggi milik pemerintah. Bagi perguruan tinggi yang belum memiliki Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT) tentu harus terakreditasi oleh BAN-PT ini.

BAN-PT memiliki peran penting dalam pengembangan perguruan tinggi. Merekalah yang mengontrol seluruh proses akademik dan juga non akademik.

Dalam proses akademik, mereka memberikan penilaian mulai proses pembelajaran hingga kualitas lulusan perguruan tinggi. Sedangkan pengontrolan proses non akademik banyak ditekankan pada semua aspek yang mendukung kelancaran proses akademik.

Itulah mengapa setiap perguruan tinggi harus terakreditasi oleh BAN-PT.

Perlu kalian ketahui bahwa jenis akreditasi ini ada 2, yaitu akreditasi institusi dan prodi.

Akreditasi Institusi

Akreditasi institusi atau perguruan tinggi ini berlaku untuk seluruh program studi (prodi) yang ada di perguruan tinggi tersebut. Dapat dikatakan bahwa akreditasi institusi adalah akreditasi kampus atau perguruan tinggi secara menyeluruh atau penilaian secara global.

Jadi, jika sebuah perguruan tinggi memiliki status akreditasi institusi A bukan berarti semua prodinya juga terakreditasi A. Bisa saja ada yang B atau malahan C.

Akreditasi Prodi

Selain mencermati akreditasi institusi, sangat penting bagi kalian yang mau kuliah juga perlu mengetahui status akreditasi program studi yang akan kalian tuju. Bahkan akreditasi prodi ini lebih diutamakan karena berhubungan langsung dengan proses akademik kalian.

Cara Mengecek Status Akreditasi

1. Cara Mengecek Akreditasi Institusi dan Prodi di PC

Cara mengecek status akreditasi institusi dan prodi sebuah perguruan tinggi di laman BAN-PT adalah:

  1. Buka laman ‘banpt.or.id
  2. Klik ‘Data Akreditasi‘ yang ada di halaman
  3. Pilih ‘Pencarian Data Akreditasi (History)
  4. Ketikkan nama institusi
  5. Ketikkan nama prodi
Cara mengecek akreditasi
Cek Akreditasi Perguruan Tinggi
Sertifikat akreditasi
Status Akreditasi

2. Cara Mengecek Akreditasi Institusi dan Prodi di Smartphone

Cara mengecek status akreditasi di smartphone pada prinsipnya sama dengan di PC. Hanya saja perlu menginstal ‘Aplikasi Cek Akreditasi Perguruan Tinggi’ terlebih dahulu. Kalian dapat menemukan aplikasinya di Google Playstore.

Aplikasi akreditasi
Aplikasi Cek Akreditasi

Cara Mendapatkan Sertifikat Akreditasi

Setelah mengetahui status akreditasi institusi dan prodi kampus kalian, lalu bagaimana cara mendapatkan sertifikatnya? Sedangkan di laman banpt tidak menyediakan file sertifikat akreditasi yang siap di download.

Beberap tips yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan sertifikat akreditasi berupa soft file dan hard file adalah:

  1. Menghubungi pihak kampus terutama di bagian Biro Administrasi Akademik Kampus (BAAK)
  2. Download sertifikat akreditasi di situs prodi. Biasanya prodi-prodi memajang sertifikat akreditasinya di laman prodi agar dapat di download oleh alumninya.
  3. Screenshot hasil pengecekan status akreditasi di laman BAN-PT. Biasanya ada juga pihak pencari tenaga kerja yang mau dengan hasil screenshot tadi.

Itulah cara mudah mengecek status akreditasi perguruan tinggi dan cara mendapatkan sertifikatnya sekaligus. Semoga mendapatkan perguruan tinggi yang pas buat kalian dan mudah mendapatkan lapangan pekerjaan setelah lulus nanti.*

Cara Mudah Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi | admin | 4.5
Leave a Reply