Inilah 9 Tantangan Kuliah Sambil Kerja, Siapa Takut!

By On Saturday, March 23rd, 2019 Categories : Perkuliahan

Sebagian orang beranggapan, kuliah itu hanya sebuah rutinitas pergi ke kampus, mendengarkan ceramah dosen dan pulang. Selain itu, setiap ke kampus tidak membutuhkan waktu yang lama, paling dua atau tiga jam saja. Lebih enakan lagi, kuliah itu tidak perlu masuk setiap hari sebagaimana seorang pelajar.

Ini adalah anggapan yang tidak bisa dibenarkan. Sebenarnya kuliah itu tidak jauh berbeda dengan seorang pelajar. Mereka sama-sama belajar, bukan.

Hanya saja, orang kuliah (mahasiswa) dianggap sudah mampu untuk menguasai bidang keilmuwannya dengan sedikit pengarahan dari dosennya.

Karena waktu tatap muka perkuliahan yang sangat pendek, maka mahasiswa perlu waktu tersendiri untuk mendalami materi kuliahnya. Mereka bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan atau browsing di internet.

Agar Anda tidak mengalami permasalahan ketika kuliah sambil kerja, cermatilah 9 tantangan yang bakal dihadapi mahasiswa ketika kuliah sambil bekerja.

1. Ngantuk Saat Kuliah

Tantangan yang pertama adalah ngantuk ketika mendengarkan ceramah dosen. Sudah sewajarnya kalau tubuh sudah capek pasti yang datang adalah ngantuk. Dan rasa ngantuk ini akan semakin parah ketika paparan dosen kurang menarik.

Kalau Anda bekerja sebagai karyawan (tidak wiraswasta), pasti seharian waktu Anda terikat di kantor. Dan biasanya kerja di perusahaan dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Sedangkan pada umumnya perkuliahan itu dimulai dari jam 5 sore hingga jam 9 malam.

Dapat Anda bayangkan, betapa capeknya Anda. Begitu pulang kerja langsung menuju kampus untuk mengikuti kuliah.

2. Telat Masuk Kuliah

Pada umumnya kuliah untuk para pekerja dilaksanakan pada malam hari atau weekend. Kalau pelaksanaan kuliah dilakukan pada malam hari, kemungkinan Anda telat lebih banyak. Karena perjalanan selepas kerja menuju ke kampus biasanya cukup padat lalu lintas. Apalagi kalau lokasi tempat kerja Anda agak jauh.

3. Tugas Kuliah Numpuk

Biasanya setiap dua atau tiga kali tatap muka perkuliahan, dosen memberikan tugas. Memang, biasanya waktu pengumpulan tugas pada pertemuan berikutnya. Tapi, karena hampir semua dosen memberikan tugas, maka Anda akan over load jika tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

4. Biaya Kuliah

Selain memikirkan materi kuliah, Anda juga akan dikenai tagihan-tagihan biaya kuliah, seperti: uang SPP, dana pengembangan, biaya SKS, biaya laboratorium (praktek) dan lain-lain.

Agar Anda tidak telat untuk membayar biaya kuliah, ada baiknya setiap gajian, Anda sisihkan untuk cadangan biaya kuliah. Sehingga setiap jatuh tempo pembayaran, Anda tidak akan kebingungan.

5. Capek

Memang idealnya adalah kalau kuliah ya fokus pada kuliah saja. Dan kalau bekerja ya tidak memikirkan kuliah lagi. Namun karena bebagai kepentingan maka terlaksana juga, kuliah sambil bekerja.

Sebenarnya bekerja saja sudah capek, apalagi kalau malamnya Anda gunakan untuk kuliah. Nah, disitulah Anda perlu mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai Anda terlalu capek dan akhirnya jatuh sakit.

6. Jam Tidur Pendek

Pada umumnya bagi yang bekerja, waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas kuliah adalah di malam hari. Untuk bisa mengerjakan tugas kuliah kadang perlu bantuan internet atau buku-buku penjunjang untuk membantu dalam penyelesaiannya. Nah, inilah yang kadang Anda dibuat terlena sampai larut malam sehingga waktu tidur Anda menjadi berkurang.

7. Bolos Kuliah Karena Lembur Pekerjaan

Apabila tenyata di kantor Anda ada pekerjaan lembur yang bertepatan dengan jadwal kuliah, maka Anda harus berani mengambil resiko. Mau ikut kerja lembur atau kuliah.

Namun sering kali pekerjaan lembur ini sulit untuk Anda hindari, bukan. Sehingga yang menjadi korban adalah kuliahnya.

Kalau memang seperti itu keadaannya, alangkah baiknya Anda minta ijin ke dosen yang bersangkutan. Dan pada hari berikutnya, usahakan bisa menemui dosen Anda untuk menjelaskan perihal bolos Anda menanyakan tugas kuliah bila ada.

8. Tidak Ada Waktu Libur

Kalu Anda tidak bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, pasti hari minggu pun Anda tidak bisa berlibur dengan keluarga.

9. Sulit Menemui Dosen Pembimbing

Karena waktu Anda berada di kampus yang tidak terlalu lama, maka potensi ketemu dengan dosen pembimbing akan semakin kecil. Apalagi kalau dosen pembimbing skripsi / tugas akhir atau kerja praktek Anda memiliki banyak proyek di luar.

Demikianlah 9 tantangan kuliah sambil kerja yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan. Semoga setelah kuliah nanti Anda tidak akan mengalami hambatan.*

Inilah 9 Tantangan Kuliah Sambil Kerja, Siapa Takut! | admin | 4.5
Leave a Reply