Inilah 12 Jurusan Teknik dengan Peluang Kerja Menjanjikan

By On Wednesday, September 9th, 2020 Categories : Kampus

Peluang kerja lulusan Teknik dari dulu hingga sekarang cukup menyegarkan. Tak hanya berlaku bagi lulusan sarjana namun juga diploma atau polyteknik. Bagaimana tidak, industri manakah yang tidak membutuhkan tenaga kerja yang lekat dengan hitung=hitungan angka ini.

Peluang Kerja Jurusan Teknik

Apabila kalian tertarik untuk kuliah di Fakultas Teknik, syarat utamanya adalah suka dengan mata pelajaran berbasis hitungan. Kalau kalian tidak suka dengan Mata Pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia alangkah baiknya tidak usah memilih Jurusan ini.

Berkaitan dengan Fakultas Teknik, banyak sekali Jurusan atau Prodi (Program Studi) yang masuk dalam lingkup bidang Teknik. Berikut ini akan dijelaskan Jurusan apa saja yang termasuk dalam Fakultas Teknik dan memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan.

1. Teknik Sipil

Kuliah di Teknik Sipil akan diajarkan bagaimana cara merancang sebuah bangunan atau infrastruktur. Tidak hanya bangunan gedung bertingkat, namun juga jembatan, jalan raya, bendungan dan infrastruktur lainnya.

Kalian akan diajarkan bagaimana merencanakan sebuah bangunan yang kuat dan kokoh. Mulai dari pemilihan material hingga perhitungan konstruksi bangunan.

Salah satu mata kuliah yang sangat popular di Jurusan ini adalah Mekanika Teknik atau Statika Struktur. Pada mata kuliah ini diajarkan hingga 4 atau 5 semester yang membahas tentang hitung-hitungan konstruksi bangunan.

Beberapa peluang kerja setelah lulus kuliah di Teknik Sipil cukup beragam. Mulai kerja di bidang konstruksi swasta maupun BUMN. Selain itu kalian juga bisa menjadi konsultan atau tenaga ahli yang menangani proyek-proyek pembangunan daerah maupun Nasional.

2. Arsitektur

Lain halnya dengan Teknik sipil, arsitektur sama-sama mempelajari tentang bangunan gedung, hanya saja kalau arsitek lebih mengarah pada estetika gedung tersebut.

Jurusan arsitektur yang melakukan inovasi dan desain dalam merencanakan sebuah konstruksi bangunan, sedangkan Teknik Sipil-lah yang mewujudkan bangunan tersebut secara nyata. Jadi, antara Arsitektur dan Teknik sipil adalah dua Jurusan Teknik yang tak bisa dilepaskan dalam mendirikan sebuah konstruksi bangunan.

3. Teknik Mesin

Pada umumnya orang bernggapan kalau kuliah di Jurusan Teknik Mesin yang diajarkan adalah bagaimana memperbaiki sebuah kendaraan (mobil atau sepeda motor). Padahal tidaklah seperti itu. Bahkan ilmu perbengkelan hanya diajarkan hanya sedikit sekali.

Lalu, apa yang diajarkan di Jurusan Teknik mesin?

Intinya, semua hal yang berkaitan dengan keteknikan akan diajarkan di Jurusan ini. Beberapa spesialisasi di jurusan Teknik mesin adalah Teknik Material, Mekanika Bahan, Konversi Energi dan Manufaktur.

Karena cakupan bidang keilmuwannya yang sangat luas maka prospek kerja lulusan Teknik Mesin juga sangat luas. Selain bisa mendaftar sebagai PNS, Sarjana Teknik Mesin sangat memungkinkan untuk bekerja di semua sektor industri, seperti industri manufaktur, pertambangan, otomotif, dan lain sebagainya.

Bahkan lulusan Teknik Mesin juga bisa bekerja sebagai konsultan (tenaga ahli) sebagaimana lulusan Teknik Sipil dan Arsitektur. Hanya saja kalau sarjana Teknik Sipil menangani perhitungan konstruksi bangunan gedung, sedangkan sarjana Teknik Mesin menangani perhitungan peralatan-peralatan yang dipergunakan di dalam gedung tersebut. Sebagai contoh adalah perhitungan atau perencanaan kebutuhan AC (Air Conditioner) di dalam ruang gedung, kapasitas lift (escalator), perpipaan, dan lain sebagainya.

4. Teknik Elektro

Sama halnya dengan Teknik Mesin, kebanyakan orang beranggapan kalau Teknik Elektro yang dipelajari adalah reparasi peralatan elektonik seperti TV, radio, dan lain sebagainya. Padahal tidak sesempit itu.

Kalau digolongkan menurut jenisnya, Teknik Elektro ada 2 yaitu listrik arus lemah dan listrik arus kuat. Kalau listrik arus lemah, contohnya adalah arus yang digunakan untuk menyuplai TV, radio, dll. Sedangkan arus kuat misalnya arus yang dialirkan oleh PLN.

Kedua jenis listrik ini dipelajari semua di Jurusan Teknik Elektro, terkait dengan aplikasi dan pemanfaatannya di masyarakat.

Sedangkan peluang kerja lulusan Teknik ekektro inipun juga cukup banyak, mulai dari perusahaan telekomunikasi, navigasi, robotika, dan lain sebagainya.

5. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri hampir mirip dengan Teknik Mesin. Jurusan Teknik Industri tidak hanya mempelajari mesin-mesin manufaktur namun juga manajemen di industri tersebut. Sehingga cakupan pokok bahasan di Teknik Industri meliputi perencanaan, pengoptimalan dan integrasi antara manusia dengan peralatan industri.  

Setelah lulus kuliah di Jurusan Teknik Industri, kalian memilili peluang kerja di industri sebagai divisi engineering, divisi produksi, divisi HRD dan divisi keuangan.

6. Teknik Kimia

Berbeda dengan Jurusan-Jurusan teknik sebelumnya, Jurusan Teknik Kimia mempelajari proses-proses yang mengubah bahan baku (raw material) atau bahan kimia menjadi sebuah produk yang siap dipasarkan dengan memanfaatkan reaksi-reaksi kimia.

Bekal utama untuk kuliah di Jurusan ini adalah penguasaan ilmu-ilmu kimia seperti yang kalian dapatkan di SMA.

Peluang karir bagi lulusan Teknik Kimia antara lain sebagai tenaga kerja di industri kimia, perminyakan, lab. Kimia, dan lain sebagainya.

7. Teknik Perkapalan

Indonesia merupakan Negara Maritim yang tidak bisa lepas dari pemanfaatan laut. Bagaimanapun juga sarana transportasi laut sangat penting dan selalu dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia maupun negara tetangga yang berkunjung ke Indonesia.

Jurusan Teknik perkapalan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kapal. Mulai dari perancangan kapal, perawatan kapal, manajemen perawatan dan pengelolaan kapal.

Peluag kerja lulusan Teknik Perkapalan adalah industri pembuatan kapan, industri perawatan (maintenance) kapal, dan lain sebagainya.

8. Teknik Kelautan

Berbeda dengan Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan mempelajari sarana dan prasarana yang akan dibangun di perairan (laut). Misalnya bekerja dalam penambangan minyak bumi di lepas pantai, pengeboran minyak bumi di lepas pantai, dan lain sebagainya.

9. Teknik Penerbangan

Teknik Penerbangan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kedirgantaraan, yaitu meliputi desain, pembuatan, penerbangan pesawat.

Jurusan ini dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu Aeronautika dan Astronautika.

Aeronautika mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pesawat-pesawat yang beroperasi di dalam lingkungan atmosfer bumi. Sebagai contohnya adalah pesawat komersial, helokopter dan militer.

Sedangkan Astonautika lebih mengarah ke pesawat-pesawat yang beroperasi di luar atmosfer bumi, seperti satelit dan roket.

Lulusan Teknik Penerbangan banyak dibutuhkan di industri pembuatan pesawat terbang, industri perawatan (maintenance) pesawat terbang, Dinas Perhubungan, dan lain sebagainya.

10. Teknik Nuklir

Jurusan Teknik Nuklir mempelajari tentang reaksi-reaksi nuklir pada inti atom dengan memanfaatkan Ilmu Fisika. Salah satu aplikasi reaksi nuklir adalah sebagai bom nuklir. Tapi tidak hanya bom nuklir, masih banyak aplikasi lain dari reaksi nuklir ini.

Sekarang ini terus dikembangkan pemafaatan tenaga nuklir dibidang kedokteran, teknologi pangan dan Pembangkit Lstrik Tanaga Nuklir (PLTN).

Prospek kerja lulusan Sarjana Teknik Nuklir antara lain di perusahaan energi dan listrik, seperti PLN, Pertamina dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

11. Teknik Perminyakan

Teknik perminyakan mempelajari tentang bagaimana cara mendapatkan minyak bumi dan gas alam yang efektif. Jurusan ini mengajarkan bagaimana cara eksplorasi, eksploitasi dan pengolahan minyak bumi dan gas alam.

Peluang kerja lulusan Teknik Perminyakan bisa bekerja di industri migas, seperti Pertamina, Shell, Chevron, dan lain sebagainya.

12. Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik lingkungan mengajarkan bagaimana menciptakan lingkungan yang bebas polusi dengan memanfaatkan teknologi. Jurusan ini sangat dinanti seiring dengan kemajuan zaman. Apalagi di era rovolusi industry 4.0 yang lebih mengutamakan go green dalam berbagai hal.

Lulusan sarjana Teknik lingkungan memiliki prospek kerja di industry-industri perminyakan, petrokimia, penambangan, dan lain sebagainya.

Ituah 12 Jurusan di Fakultas Teknik dengan prospek kerja menjanjikan. Apabila kalian tertarik untuk kuliah di Fakultas Teknik, perhatikanlah 12 Jurusan tersebut. Semoga bermanfaat.*

Inilah 12 Jurusan Teknik dengan Peluang Kerja Menjanjikan | admin | 4.5
Leave a Reply