30+ Peluang Bisnis bagi Mahasiswa

By On Friday, April 22nd, 2022 Categories : Karir
Ide peluang bisnis bagi mahasiswa
Ide Bisnis Mahasiswa

Banyak sekali peluang bisnis bagi mahasiswa. Namun pada umumnya mahasiswa jarang yang mau mengambil kesempatan ini. Padahal di masa kuliah lah waktu yang tepat untuk memulai belajar menemukan peluang kerja.

Berbeda halnya dengan ketika Anda masih duduk di bangku sekolah. Mahasiswa memiliki waktu yang sangat fleksibel dalam mengikuti perkuliahan, apalagi jika kelasnya parallel.

Tak ada salahnya jika di sela-sela waktu kuliah Anda pergunakan untuk mencari uang. Jangan memikirkan besarnya dulu, paling tidak bisa untuk jajan dan traktir teman itu sudah bagus. Yang Anda butuhkan saat ini adalah hanyalah pengelaman dalam mengelola bisnis tersebut.

Mengenai keuntungan dalam bentuk finansial nanti akan mengalir dengan sendirinya kalua Anda sudah berpengalaman dan professional.

Tantanga kuliah sambil kerja memang memang cukup banyak. Salah satu tantangan yang paling umum adalah keterbatasan dana. Akan tetapi jika Anda memiliki keberanian untuk mencoba dan mau belajar tentu akan bisa. Toh juga banyak sekali bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda pilih.

PELUANG BISNIS

Berikut ini adalah daftar peluang bisnis bagi mahasiswa dengan modal kecil:

1. Bisnis Pembuatan Konten

Sering kali para pebisnis online merasa kewalahan dalam membuat kontek guna memperlaris barang jualannya. Tak jarang dari mereka yang membuka peluang kerja sebagai pembuat kontek. Banyak pilihan dalam hal ini. Anda bisa menentukan sesuai potensi Anda. Misalnya membuat konten untuk di Instagram, Tik Tok, Blog dan Youtube.

Hanya bermodalkan HP saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

2. Menjadi Influencer

Sudah terbukti para pebisnis sudah mulai banyak yang memasarkan dagangannya melalui akun-akun sosmed yang memiliki follower cukup tinggi. Bagi Anda yang punya akun sosmed seperti Instagram dan Tik Tok bisa mencobanya di sini.

3. Menjadi Blogger

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam menulis ada baiknya Anda tuangkan di blog. Tak perlu beli domain dan hosting dulu. Pertama kali Anda bisa memanfaatkan domain dan hosting gratis dari Blogger dan WordPress. Setelah mulai ramai pengunjungnya barulah membeli domain berbayar.

Pendapatan dari kegiatan ngeblog atau blogging adalah dari iklan google jika blog Anda daftarkan sebagai publisher di Google Adsense atau media yang lain. Anda juga bisa mengadakan kerjasama konten placement dengan perusahaan-perusahaan Nasional maupun Internasional untuk mempromosikan produk mereka.

Selain itu Anda juga memiliki kesempatan untuk menjual produk sendiri atau orang lain di blog yang Anda Kelola. 

4. Menjadi Yuotuber

Jika Anda lebih menyukai konten dalam bentuk video, Anda bisa memanfaatkan Youtube sebagai media mempublikasikan konten Anda. Selain gratis, Youtube memiliki prospek yang semakin baik.

5. Jasa Pembuatan Website dan Blog

Peluang ini sangat tepat bagi mahasiswa dengan jurusan Teknologi Informasi. Namun tak ada salahnya mahasiswa lain juga menekui bidang ini karena membuat blog atau website tidak perlu mengetahui pemrograman.

Untuk menjalankan bisnis ini, diperlukan keterampilan dalam mengolah kode Personal Home Page (PHP) atau Active Server Pages (ASP) secara manual dan dapat menggunakan Content Management System (CMS), seperti WordPress.

6. Jasa Pengetikan

Meskipun pada umumnya mahasiswa memiliki laptop atau computer sendiri tapi kadang kalau mendapatkan tugas banyak dari dosennya lebih memilih memanfaatkan jasa pengetikan dari pada ngetik sendiri.

7. Rental Komputer

Meskipun sudah banyak yang memiliki laptop atau computer sendiri, usaha bisnis rental computer ini masih saja eksis. Sekarang mahasiswa pergi ke rental tidak hanya untuk sewa computer atau main game tapi untuk ngeprint atau mencetak tugas kuliah yang sudah di ketik di laptopnya sendiri di rumah atau kost. Ingat, hampir semua mahasiswa sekarang sudah memiliki laptop tapi masih jarang yang memiliki printer.

8. Bisnis Jasa Translator

Tidak hanya mahasiswa yang membutuhkan jasa penerjemah dalam mentranslate buku atau jurnal yang berbahasa asing namun juga para dosen yang sedang mengambil study lanjut. Selain itu banyak dosen yang membutuhkan jasa penerjemah guna membuat jurnal ilmiah internasional bereputasi seperti Web of Science (WoS) dan Scopus.

9. Jasa Les Privat

Sasaran dari jasa ini adalah anak-anak SD hingga SMA. Guna meningkatkan potensi akademik anak-anaknya, orang tua tak segan-segan untuk membiayai anaknya  ikut bimbingan belajar atau les privat. Pada umumnya mereka mencari guru les privat dengan mata pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa Inggris. Namun bagi Anda yang kuliah di luar bidang itu tak perlu khawatir, yang penting mampu dan bisa menguasai materi mata pelajaran tersebut.

10. Membuka Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar tidak hanya berlaku bagi siswa kelas 3 yang akan mengikuti Ujian Nasional maupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi. Sekarang mulai membludak para siswa kelas 1 dan 2 yang ikut bimbingan belajar karena sekarang sudah mulai penjaringan masuk siswa maupun mahasiswa yang melalui jaur raport.

Anda bisa melamar menjadi tutor pada salah satu atau beberapa Lembaga bimbingan belajar di kota Anda. Jika sudah berpengalaman, Anda bisa membuka Lembaga bimbingan sendiri. Mengenai proses bimbingan dapat Anda lakukan secara online maupun offline.

11. Membuka Warung Tenda / Hik

Mahasiswa mana sih yang tidak kenal dengan hik atau warung tenda di malam hari ini. Warung sego kucing ini sangat disukai bagi mahasiswa yang sedang lembur dalam mengerjakan tugas kuliah atau hanya sekedar nongkrong.

12. Jualan Online

Tidak hanya Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Ebay dan Alibaba untuk media jualan online akan tetapi juga Instagram, Facebook, Tik Tok dan bahkan WhatsApp pun sangat memungkinkan. Adapun produk yang bisa dijualpun sangat variative, tak hanya produk berupa barang namun juga jasa dan konten berupa video, foto dan tulisan. Silahkan tinggal pilih sesuai potensi Anda.

13. Bisnis Pulsa HP

Setiap mahasiswa pasti sudah memiliki HP semua. Apalagi Ketika masa pandemi yang sering melakukan pembelajaran secara daring atau online pasti pulsa HP merupakan salah satu yang harus di stok oleh mahasiswa.

14. Jualan Makanan Ringan

Sambal menunggu jam kuliah biasanya mahasiswa cari cemilan ke kantin atau ke warung-warung terdekat. Nah jika ada yang jualan disekitar mereka pasti akan diserbu karena pada umumnya mahasiswa males untuk keluar kampus hanya sekedar cari cemilan.

15. Jualan Barang Kebutuhan Sehari-Hari

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya sabun, sampo, minyak goreng, bumbu dapur, dan lain sebagainya hahasiswa biasanya juga malas kalua harus pergi ke supermarket apalagi ke pasar konvensional. Selain menghemat waktu juga karena keterbatasan saku mereka. Dengan menyodorkan daftar nama barang apa yang dibutuhkan mahasiswa dengan memberikan imbalan yang masuk akal pasti akan disukai mereka.

16. Bisnis Servis HP dan Laptop

Bagi yang kuliah di program studi IT pasti sudah memiliki modal untuk membuka bisnis ini. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa program studi yang yang juga membuka bisnis ini. Asalkan punya kemampuan tentang IT pasti akan jalan dengan baik.

17. Bisnis Bengkel Panggilan

Sekarang ini banyak mahasiswa yang membawa kendaraan pribadi baik itu sepeda motor atau mobil. Setiap kendaraan pasti membutuhkan perawatan berkala. Untuk penggantian oli mesin saja minimal 3 bulan harus sudah ganti, belum yang lain jika terjadi kerusakan ringan hingga berat.

18. Menjadi Ojek Online

Ojek online sudah mulai banyak diminati mahasiswa untuk mencari uang. Modalnya hanya kendaraan, bisa berupa mobil atau sepeda motor.

19. Copywriter

Kehadiran seorang copywriter di era digital sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Perusahaan mana yang tidak membutuhkan jasa copywriter dalam memasarkan produknya. Bahkan situs-situs marketplaces juga membutuhkan jasa ini.

Jika Anda adalah seorang mahasiswa yang memiliki potensi menulis yang bisa menarik pembaca maka sangat tepat Anda tekuni bidang ini.

20. Bekerja sebagai Event Organiser (EO)

Menjadi kru event organiser juga bisa menjadi alternatif bagi mahasiswa yang mau menjadi uang di sela-sela kuliahnya. Pekerjaan ini sangat fleksibel tergantung dari order.

21. Bisnis Jasa Tour n Travel  

Bagi yang suka jalan-jalan bisa mencoba bekerja di biro tour and travel ini. Selain mendapatkan uang, pengalaman menjelajah ke tempat-tempat wisata juga dapat.

22. Tour Guide

Bagi yang suka dengan wisata juga bisa mencoba menjadi tour guide atau pemandu wisata. Namun kebanyakan konsumennya adalah para wisatawan asing. Jadi bagi yang punya modal Bahasa Inggris pasti mudah untuk menjalaninya.

23. Jualan Kaos

Kaos merupakan jenis pakaian yang sangat familiar di kalangan anak muda termasuk mahasiswa. Kaos dapat Anda jual langsung dengan teman mahasiswa ketika di kampus atau dengan cara online.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa mencari hubungan dengan tempat konveksi dan tempat sablon. Setelah itu buatlah desain kaos yang keren untuk dijual. Semakin keren desain kaos yang Anda bikin maka semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli. Anda bisa menambahkan kata-kata yang unik dengan gambar yang lucu.

24. Menjadi Makelar

Tidak semua orang memiliki kemampuan melakukan jual beli barang dengan baik. Jika Anda memiliki bakat ini tak ada salahnya Anda tekuni.  Barang yang Anda tawarkan juga bermacam-macam, mulai dari jual beli HP, motor, mobil, propertis – termasuk mencarikan rumah kos, dan lain sebagainya.

25. Menjadi Cleaning Service

Tak perlu malu dalam menjalani pekerjaan, yang penting halal itu jauh lebih baik dari pada penghasilannya banyak tapi tidak halal. Pekerjaan ini dapat Anda lakukan di pagi hari dan sore hari atau sesuai waktu luang Anda.

26. Bisnis Semir Sepatu

Jasa semir sepatu ini juga cukup menjanjikan. Akan tetapi pangsa pasar yang Anda bidik bukan mahasiswa akan tetapi para pegawai kantor dengan cara mengunjungi kantor mereka.

27. Jasa Perawatan Hewan Peliaraan

Banyak sekali orang yang memelihara binatang akan tetapi banuyak juga yang merasa keberatan untuk memberikan perawatan. Paling tidak memandikan hewan piaraan dengan sabun tentu siapapun bisa untuk menjadi pekerja ini.

28. Jasa Desain Grafis

Bagi Anda yang suka computer manfaatkan aja sebagai ladang berbisnis. Jadi tidak hanya untuk mengerjakan urusan kuliah namun juga bisa mendatangkan uang. Salah satunya adalah untuk membuka peluang bisnis jasa desain grafis.

29. Jual Beli Buku Bekas

Setelah wisuda biasanya mahasiswa jarang sekali membawa pulang buku-buku yang dipakainya ketika masih kuliah. Nah, dari situ Anda dapat mencari buku-buku dari mahasiswa di tingkat akhir.

30. Bisnis Jasa Photography & Shooting

Peluang menjadi fotografer ini sangat banyak, misalnya ketika ada acara wisuda kampus, even-event kampus, atau yang lainnya.

31. Menjadi Penulis Lepas

Bagi Anda yang suka menulis ada baiknya Anda manfaatkan tulisan Anda dengan menjualnya secara online maupun offline. Anda bisa menulis artikel di media massa atau menulis konten blog atau sosmed.

32. Reporter

Jika Anda menyukai kegiatan peliputan dalam bentuk video atau audio Anda bisa mencoba meniti karir menjadi reporter. Anda bisa memulai menjadi reporter di media kampus melalui ekstrakurikuler.

PENUTUP

Sebagai mahasiswa, Anda sebaiknya melatih diri sendiri untuk memngembangkan daya kreatifitas supaya bisa mandiri dan tidak hanya mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Tak perlu memikirkan modal besar tapi utamakan kreatifitas Anda saja. Lambat laun dengan berkembangnya kreatifitas akan bertambah dengan sendirinya modal tersebut.*

30+ Peluang Bisnis bagi Mahasiswa | admin | 4.5
Leave a Reply