23 Penyebab Mengapa Proposal PKM Kalian Ditolak

By On Saturday, December 14th, 2019 Categories : Karya Ilmiah

Proposal PKM ditolak itu hal yang biasa karena yang mengajukan jauh lebih banyak dari pada kuota yang disediakan. Apalagi PKM itu berskala Nasional sehingga yang mengajukan menyeluruh se Indonesia Raya baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Namun demikian, tentunya ada beberapa hal yang menjadikan proposal Anda ditolak. Secara garis besar terdapat 10 penyebab mengapa proposal PKM Anda tidak lolos pendanaan.

KUNCI SUKSES LOLOS PROPOSAL PKM

Seleksi proposal PKM meliputi 2 tahap, yaitu: seleksi administratif dan substansi.

1. Seleksi Administratif

Sebelum ditinjau isi atau substansi proposal PKM yang Anda ajukan, terlebih dahulu proposal Anda akan dilihat secara administratifnya. Seleksi ini akan melihat ketaatan Anda dalam menyusun proposal yang merujuk pada Buku Pedoman Pengajuan Proposal PKM yang dibuat oleh penyandang dana.

Sebagus apapun ide dari penelitian Anda, kalau tidak mentaati peraturan dalam penyusunan proposal maka akan sia-sia. Proposal akan ditolak sebelum masuk tahap penilaian substansi. Nah, kasihan khan kalau sudah begini.

2. Seleksi Substansi

Proposal Anda akan masuk ke tahap seleksi substansi jika telah dinyatakan lolos seleksi administratif. Pada tahap ini, proposal akan dilihat menurut kualitasnya secara keseluruhan. Mulai dari judul, latar belakang, permasalahan, tujuan, landasan teori, metode dan daftar pustaka akan dikorek abis oleh reviewer.

Sehingga proposal PKM yang benar-benar memiliki ide yang bagus yang didukung dengan metode yang tepat serta dapat memiliki kemanfaatan tinggi inilah yang memiliki peluang untuk mendapatkan pendanaan.

25 PENYEBAB PROPOSAL PKM DITOLAK

Beberapa hal yang biasanya ditolak pada tahap penilaian administratif adalah:

1. Ukuran kertas tidak sesuai dengan panduan

Kalau yang diinginkan ukuran kertas A4 ya gunakan A4, jangan sampai menggunakan ukuran keras yang lain.

2. Jenis dan ukuran font tulisan tidak sesuai dengan panduan

Selain ukuran kertas, jenis huruf dan ukurannya juga penting untuk kalian perhatikan.

3. Jarak spasi tulisan tidak sesuai dengan panduan

4. Margin kertas tidak sesuai dengan panduan

5. Jumlah halaman proposal melebihi batas yang dianjurkan

Jangan beranggapan kalau proposal yang sangat tebal pasti disukai oleh reviewer. Malahan proposal yang singkat, padat dan berisilah yang disukai karena untuk memahami substansi proposal akan semakin mudah dan cepat.

6. Tidak ada tanda tangan pengesahan pimpinan

Apabila dibutuhkan tanda tangan pengesahan pimpinan atau dosen pembimbing ini sifatnya wajib. Tapi kalau sudah full online biasanya tanda tangan sudah tidak dibutuhkan, pimpinan atau dosen pembimbing hanya mengklik di sistem untuk konfirmasi.

7. Tidak ada tanda tangan tim pengusul

8. Tidak membubuhkan materai pada tempat yang dibutuhkan

9. Proposal tidak dibuat menurut sistematika yang benar

10. Jumlah anggota tim pengusul tidak memenuhi syarat

11. Kualifikasi tim pengusul tidak relevan

Tim peneliti akan dianggap mampu mengerjakan penelitian kalau memiliki latar belakang keilmuawan yang tepat.

12. Tim peneliti tidak lintas bidang keilmuwan

Tim peneliti yang terdiri dari berbagai bidang keilmuwan akan memiliki potensi yang kuat dalam menyelesaikan permasalahan secara global.

13. Persentase dana yang diajukan tidak sesuai panduan

14. Latar belakang penelitian tidak tepat

15. Teori pendukung yang digunakan tidak pas dengan judul

16. Menggunakan sitasi yang terlampau lama

Pada umumnya literatur yang masih bisa dipergunakan adalah tidak lebih dari 10 tahun yang lalu.

17. Tata bahasa yang buruk

Gunakan EYD dengan benar.

18. Meode kurang jelas

Metode yang kalian gunakan dalam melakukan harus jelas dan bisa dikerjakan. Percuma saja kalau idenya bagus namun tidak bisa dikerjakan karena keterbatasan peralatan.

19. Pemilihan metode kurang tepat

Metode yang baik harus dapat menyelesaikan permasalahan yang diangkat di proposal. Sehingga proposal yang baik adalah proposal yang menggunakan metode yang dapat menyelesaikan permasalahan secara tepat, cepat dan mudah dalam penerapannya.

20. Tidak Memiliki kemanfaatan tinggi

Ingat, tujuan penelitian adalah mendapatkan manfaat dari penelitian tersebut. Penelitian dilakukan karena adanya permasalahan yang terjadi di masyarakat secara umum.

21. Tidak memiliki keberlanjutan hasil penelitian

Penelitian yang berkualitas adalah yang memiliki keberlanjutan secara terus menerus. Dengan begitu, artinya kualitas proposal memiliki daya harap yang tinggi di masyarakat.

22. Tidak memiliki kebaruan

Penelitian bukan pengulangan dari penelitian yang sudah dilakukan oleh peeliti lain. Penelitian itu harus meneliti hal yang belum pernah diteliti oleh peneliti lain.

Tidak harus benar-benar beda 100% namun bisa mengubah satu atau beberapa variabel penelitian juga sudah bisa. Misalnya dengan menggunakan metode yang sama namun dengan bahan penelitian yang berbeda juga sudah dianggap memiliki kebaruan.

23. Proposal hasil copy/paste

Sekarang sudah banyak tersedia software pengecek plagiasi. Proposal yang dibuat dari hasil copy/paste pasti akan ketahuan karena pengajuan proposal diunggah secara online di internet.

TIPS

Supaya Proposal PKM Anda dapat lolos tahap administrasi dan substansi, maka perlu Anda perhatikan berikut ini.

1. Selalu gunakan buku panduan, taati hingga ke bagian yang mungkin kalian anggap remeh sekalipun

2. Contoh proposal yang baik hanya digunakan sebagai referensi, bukan untuk di copy/paste. Ketika menulis proposal usahakan tidak membacanya, tulislah dengan kata-kata kalian sendiri.

3. Manfaatkan pembimbing kalian. Ketika berkonsultasi, manfaatkan untuk diskusi. Jangan hanya meminta tanda tangan saja.

4. Selalu pikirkan manfaat dan dampak dari karya yang akan dihasilkan

5. Hindari menunda-nunda dalam membuat proposal

Itulah 21 penyebab proposal PKM kalian tidak lolos pendanaan. Waspadalah ketika mau mengajukan proposal, usahakan tidak menggunakan jurus kebut semalam. Ingat, proposal PKM membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam penyusunannya. Selamat berjuang membuat proposal PKM, semoga lolos pendanaan.*

23 Penyebab Mengapa Proposal PKM Kalian Ditolak | admin | 4.5
Leave a Reply