Cara Membuat Scan Tanda Tangan Transparan di MS Word

By On Tuesday, April 21st, 2020 Categories : Tekno
Cara membuat tanda tangan transparan
Tanda tangan transparan

Scan tanda tangan dan cap stempel transparan biasanya dibutuhkan karena keperluannya yang sangat mendadak untuk dikirim secara online. Karena sifatnya mendadak maka kadang kalian tidak siap dengan peralatan scan.

Namun bukan berarti kalian gagal untuk bisa membuat dokumen tersebut dengan segera. Caranya adalah dengan membuat hasil scan atau foto tanda tangan dan stempel menjadi transparan.

Selain mudah dan cepat untuk membuatnya, mengubah foto tanda tangan menjadi bentuk transparan tidak membutuhkan peralatan yang banyak.

KAPAN MEMBUTUHKAN TANDA TANGAN TRANSPARAN?

Tanda tangan dan stempel dengan background transparan biasanya banyak digunakan pada pembuatan Proposal PKM, Proposal Skripsi, Proposal Kerja Praktek, dan lain sebagainya.

PERALATAN MEMBUAT TANDA TANGAN TRANSPARAN

Peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk membuat foto atau scan tanda tangan menjadi transparan adalah:

1. File Foto Tanda Tangan dan Stempel

File tanda tangan ini dapat kalian buat dengan menggunkan kamera HP untuk memfotonya. Jadi tidak perlu scanner. Agar hasilnya jelas dan bagus, gunakan resolusi tinggi dan tidak menghidupkan blitz.

2. MS Word

Tidak harus dengan computer atau laptop, kalian juga bisa memanfaatkan HP asalkan tersedia MS Word.

CARA MEMBUAT SCAN TANDA TANGAN TRANSPARAN

1. MEMBUKA FILE GAMBAR DI MS WORD

Langkah awal yang dapat kalian lakukan adalah membuka MS Word. Lalu klik Menu Insert – Picture – From File. Carilah file tanda tangan yang sudah kalian simpan tersebut.

Ada dua jenis model penyimpanan, di perangkat computer dan online. Jika kalian sudah menyimpannya di computer maka kalian dapat memilih di computer. Demikian juga sebaliknya. online picture.

2. MENGEDIT GAMBAR

Klik 2 kali pada gambar lalu tekan tombol CROP yang ada di bagian kanan layar. Aturlah gambar sesuai dengan kebutuhan dengan mengklik mouse dan menggesernya.

Cara edit gambar
Edit Gambar

3. MENGATUR KECERAHAN GAMBAR

Klik 2 kali lagi pada gambar tersebut, lalu pilih CORRECTION. Aturlah gambar supaya memiliki background yang terang namun dengan obyek (tanda tangan) yang tidak kabur (jelas). Biasanya saya mensetting dengan Brightness  +40% dan Contrast : -40 %.

Cara mengatur kecerahan gambar
Kecerahan Gambar

4. MENEMPATKAN FILE TANDA TANGAN DIATAS TEKS

Agar tanda tangan Nampak asli dan tidak kelihatan kalau itu dari gambar yang di insert maka tulisan harus diletakkan di atas layer tulisan. Caranya dengan klik 2 kali pada gambar lalu pilih WRAP TEXT lalu pilih IN FRONT OF TEXT.

Menempatkan tanda tangan di atas teks
Menempatkan Tanda Tangan di Atas Teks Dokumen

5. MEMBUAT BACKGROUND TANDA TANGAN MENJADI TRANSPARAN

Klik 2 kali pada gambar lalu pilih COLOR dan pilih SET TRANSPARENT COLOR. Setelah itu klik pada bagian background yang akan kalian buat transparan. Sampai di sini kalian sudah memiliki gambar tanda tangan yang transparan.

Cara membuat background tanda tangan transparasn
Background Tanda Tangan Transparan

CARA MENYIMPAN TANDA TANGAN

Tujuan menyimpan tanda tangan ini adalah jika sewaktu-waktu kalian membutuhkan tanda tangan lagi, kalian tidak perlu membuat lagi dari awal. Tinggal kalian Insert tanda tangan yang sudah kalian buat ini.

Cara menyimpan tanda tangan adalah:

  1. Tentukan foto/gambar tanda tangan yang akan kalian simpan dengan cara mengkliknya. Lalu pilih Explore Quick Part – Auto Text – Save Selection to Auto Text Gallery.
  2. Setelah itu akan muncul kotak informasi seperti di bawah. Isilah nama dengan nama file yang kalian inginkan, misalnya dengan nama file ‘Tanda Tangan’ karena berisi tanda tangan. Selanjutnya akhiri dengan mengklik tombol OK.
Cara membuat file gambar transparan
Membuat File Gambar Transparan

CARA MEMANGGIL TANDA TANGAN

Jika kalian mau memanggil tanda tangan yang sudah kalian simpan tersebut, klik aja Explore Quick Part – Auto Text. Lalu pilih Nama File yang sudah kalian buat tadi, yaitu ‘Tanda Tangan’. Dengan mengkliknya maka tanda tanda tangan yang sudah kalian simpan akan segera muncul.

Cara menggunakan tanda tangan transparan
Cara Menggunakan File Tanda Tangan

Itulah cara membuat scan tanda tangan transparan yang dapat kalian lakukan. Untuk membuat stempel transparan juga sama dengan cara membuat tanda tangan ini. Semoga bermanfaat.*

Cara Membuat Scan Tanda Tangan Transparan di MS Word | admin | 4.5
Leave a Reply