Tidak Lulus SBMPTN? Tenang, Lakukanlah 7 Hal Berikut

By On Friday, August 21st, 2020 Categories : Kampus

Persaingan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tidaklah ringan, terlebih pada perguruan tinggi dan jurusan favorit yang kalian incar. Jika tahun ini kalian tidak lolos seleksi SBMPTN, bersabarlah. Gagal SBMPTN tahun ini bukan berarti tidak sukses di masa depan. Tidak masuk di perguruan tinggi impian dan jurusan idaman bukan berarti salah menjalani kehidupan.

Kecewa setelah membaca pengumuman SBMPTN adalah hal yang wajar. Namun kekecewaan yang berlarut-larut tidak akan menyelesaikan permasalahan, malahan sebaliknya.

Lakukan hal berikut jika tidak lulus SBMPTN
SBMPTN

Masih banyak peluang-peluang lain yang tak kalah pentingnya dengan SBMPTN tahun ini. Berikut inilah 7 hal yang bisa kalian lakukan jika tidak lolos SBMPTN tahun ini:

1. MENDAFTAR PTN MELALUI JALUR MANDIRI

Penjaringan mahasiswa baru di PTN dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu SBMPTN dan ujian mandiri. Ujian mandiri PTN pada umumnya dilakukan setelah ada pengumuman SBMPTN.

Apabila kalian memutuskan untuk mengikuti ujian mandiri, pastikan finansial kalian mendukung. Biaya kuliah setelah diterima memang tidak ada perbedaannya dengan jalur SBMPTN namun saat mau masuk inilah yang membedakannya. Ujian mandiri perlu dukungan finansial yang cukup saat mendaftar PTN.

2. MENDAFTAR SEKOLAH VOKASI

Alternatif lain jika kalian tetap ingin kuliah di PTN pada tahun ini juga adalah di Sekolah Vokasi. Mungkin karena belum popular di masyarakat, kuliah yang setara dengan D4 ini kurang begitu diminati. Padahal lulusan D4 dari Sekolah Vokasi ini berhal menyandang Gelar Sarjana Terapan. Selain itu, lulusan Sarjana Terapan juga tak kalah dengan Perguruan Tinggi Akademik karena sama-sama bisa melanjutkan studi ke Strata 2 (S2).

3. MENDAFTAR DI PERGURUAN TINGGI SWASTA

Apabila kalian tetap ingin kuliah di Perguruan Tinggi dengan jurusan sesuai minat dan bakat kalian yang sudah kalian rintis sebelum mendaftar SBMPTN, yaitu dengan mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Sekarang ini banyak sekali PTS-PTS yang memiliki fasilitas yang tak jauh beda dengan PTN. Kalau tidak percaya kalian bisa googling di internet.

Jangan kalian jadikan alasan kalau kuliah di PTS itu membutuhkan biaya yang mahal. Baik PTN maupun PTS memiliki kesempatan mahasiswanya untuk meraih beasiswa. Tak tanggung-tanggung, beasiswa ini bisa menanggung biaya uang pangkal dan UKT hingga lulus kuliah.

Menariknya lagi, beasiswa kuliah tidak hanya bisa diraih oleh keluarga yang kurang mampu namun juga mahasiswa yang mampu dalam segi finansial. Banyak sekali beasiswa yang mengedepankan

4. MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Lain lagi jika kalian sudah benar-benar cinta mati pada PTN. Kalau tidak kuliah di PTN mending tidak usah kuliah.

Jika memang kondisinya seperti ini, berarti tahun depan harus ikut SBMPTN lagi. Untuk menghadapi SBMPTN tahun depan, ada baiknya kalian mempersiapkannya secara total. Selain tekun belajar di rumah, kalian bisa mengikuti mengikuti bimbingan belajar di sebuah Lembaga Pendidikan yang memang dipersiapkan untuk menghadapi SBMPTN.

5. MENGIKUTI KURSUS BAHASA ASING

Selain mengikuti kursus atau bimbingan belajar, sambil menunggu waktu SBMPTN tahun depan, kalian bisa mengikuti kursus-kursus yang mendukung potensi akaemik kalian. Terutama Ketika nanti sudah menjadi mahasiswa. Salah satu potensi yang sangat penting adalah penguasaan Bahasa asing, terutama Bahasa Inggris.

Namun tidak menutup kemungkinan untuk memilih kursus pada bidang pekerjaan, seperti sebagai mekanik kendaraan, programmer computer, dan lain sebagainya. Siapa tahu setelah selesai kursus bisa membuka lapangan pekerjaan. Sehingga kalian bisa kuliah sambil bekerja.

6. MERINTIS USAHA BISNIS SAMPINGAN

Supaya tidak bosan saat menunggu pendaftaran SBMPTN tahun depan, kalian bisa sambil membuka usaha bisnis online. Tak perlu modal besar, mulailah dengan modal kecil saja, yang penting dapet pengalaman.

Siapa tahu usaha bisnis rintisan ini bisa berlanjut hingga kalian diterima di PTN. Sehingga memungkinkan kalian bisa kuliah dengan biaya sendiri.

Usaha bisnis sampingan ini dapat kalian mulai dari memasarkan produk di media masa seperti facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya. Mulai dari sanalah akan berkembang.

7. MENJADI BLOGGER ATAU YOUTUBER

Saat ini profesi blogger maupun youtuber semakin diminati oleh kebanyakan pengguna internet. Mereka mulai memahami kalau profesi blogger dan youtuber itu bisa mendatangkan income, bahkan bisa melebihi pekerjaan konvensional.

Apabila kalian tertarik dengan kedua profesi ini, intinya adalah konsisten dalam membuat konten. Ibaratnya, blogger dan youtuber itu adalah pelari marathon. Supaya bisa mencapai finish, seorang marathon perlu memiliki strategi agar dapat memenangkan pertandingan.

Strategi yang dipergunakan oleh pelari jarak pendek (sprinter) pasti tidak tepat karena marathon membutuhkan tenaga yang tahan lama. Pelan tapi terus berlari hingga mencapai batas finish. Kalau diawal start langsung tancap gas dengan ekstra energi pasti belum mencapai finish pasti sudah terkapar karena energinya sudah habis.

PENUTUP

Itulah 7 hal yang bisa kalian lakukan jika gagal SBMPTN tahun ini. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal positif yang dapat kalian lakukan. Yang terpenting adalah tidak menyia-nyiakan waktu dengan tanpa melakukan hal-hal positif.

Tak perlu menyesali apa yang sudah kalian lalui. Ingat, segala sesuatu itu memilki manfaat tersendiri. Jika hari ini kita tidak dapat mengambil manfaatnya, suatu saat nanti pasti akan mengetahui karena semua sudah ada yang mengatur-Nya. Alloh tidak akan mencoba seseorang (hamba-Nya) kecuali sebatas kemampuannya.

Kita tidak tahu harus sampai mengulang berapa kali baru bisa lolos SBMPTN. Kita tidak akan merasakan terangnya lampu listrik jika Thomas Alfa Edison menyerah di percobaan satu atau dua kali saja.

Sukses buat kalian yang belum berhasil lolos SBMPTN. Semoga tahun depan bisa lolos.*

Tidak Lulus SBMPTN? Tenang, Lakukanlah 7 Hal Berikut | admin | 4.5
Leave a Reply