Tips Kuliah Online Low Bandwidth

By On Wednesday, April 1st, 2020 Categories : Perkuliahan
Tips kuliah online
Kuliah online dengan hemat paket data internet

Salah satu kendala yang sering dialami dosen dan mahasiswa ketika mengadakan kuliah online atau e-lerning adalah bandwidth internet. Tak selamanya mahasiswa dan dosen memiliki koneksi internet yang stabil dan kuota data internet yang cukup. Apalagi bagi mahasiswa yang bertempat tinggal di pelosok yang jauh dari jaringan internet.

Ada satu cara yang dapat Anda coba untuk menekan penggunaan bandwidth internet adalah dengan WhatsApp (WA) Group. Melalui WA Grup inilah mahasiswa dapat mendengarkan penjelasan materi dari file presentasi yang dibuat oleh dosennya. Tidak hanya itu, antara dosen dan mahasiswa juga dapat mengadakan diskusi terkait mata kuliah yang diambilnya.

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)

Agar pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau kuliah online dapat berjalan tertib dan lancar biasanya institusi pendidikan memanfaatkan Learning Management System (LMS), seperti Moddle, Blackboard CourseSites, Schoology, Latitude Learning, Academy of Mine, eFront, ATutor, Udemy, dan lain sebagainya.

Melalui open source inilah para dosen dapat menyampaikan materi kuliahnya dalam bentuk File Dokumen, PPT atau video sekalipun. Pemberian tugas, penilaian dan kehadiran mahasiswa pun juga juga dapat terorganisir dengan baik.

Namun untuk memenuhi pertemuan tatap muka, kebanyakan dosen lebih menyukai menggunakan software conference, seperti ZOOM, Hangouts Meet, GoToMeeting’s GoToRoom, BlueJeans Meeting, ClickMeeting, Join.Me, Microsoft Teams, RingCentral Meetings, Zoho Meeting, dan lain sebagainya. Tapi, permasalahannya adalah kebutuhan bandwidth yang cukup besar.

Akibatnya tidak semua mahasiswa dapat mengikuti kuliah online karena keterbatasan area dan kuota data internet. Terlebih bagi mahasiswa yang tinggal di pelosok (sulit menemukan jaringan internet) inilah yang menjadi korban. Sehingga perlu media alternatif lain yang bisa dijangkau oleh seluruh mahasiswa. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Grup WhatsApp.

CARA MENYIAPKAN KULIAH ONLINE LOW BANDWIDTH

1. Membuat WA Group Mata Kuliah

WA Group ini gunanya untuk membagikan materi kuliah berikut penjelasannya. Untuk membuat grup Anda dapat menyerahkan pada mahasiswa untuk mengkoordinir siapa saja yang akan dimasukkan ke grup.

2. Membuat File Presentasi

Buatlah File Presentasi dengan menggunakan Microsoft Power Point (PPT), setelah itu sebisa mungkin kalian mengubahnya menjadi File PDF. Kenapa File PDF, karena kebanyakan Smartphone sudah tersedia file pembuka PDF dari pada File PPT.

Setelah itu, jangan lupa untuk membuat nomor halaman pada setiap slide agar dapat memudahkan dalam menjelaskan dalam setiap slide (No. 4).

3. Membagikan File Presentasi

File presentasi PDF yang sudah Anda kasih nomor halaman di setiap slide-nya dapat Anda bagikan ke mahasiswa melalui WA Group yang telah Anda buat tadi.

4. Merekam Penjelasan Setiap Slide File Presentasi

File presentasi dapat Anda jelaskan menurut nomor halamannya. Penjelasan setiap slide dapat Anda lakukan dengan merekam suara di WA Group melalui Fitur Audio Recording. Fitur ini dapat Anda temukan di pojok kanan bawah tempat Anda menuliskan pesan.

Kuliah online dengan WhatsApp
Cara Merekam Suara di WhatsApp

Cara menggunakannya, tinggal Anda menekan tombol tersebut hingga selesai merekan suara dan jangan dilepas. Misalnya Silde Nomor 1 berisi tentang ……, Silde Nomor 2 berisi tentang ….. Silde Nomor 3 berisi tentang ….. dan seterusnya hingga selesai.

5. Merespon Pertanyaan Mahasiswa

Apabila mahasiswa belum jelas dengan apa yang sudah Anda jelaskan di Audio Recording, dapat menanyakan langsung di WA Group tersebut.

Selanjutnya Anda bisa langsung menjawabnya disitu juga. Demikian juga sebaliknya, mahasiswa juga bisa cepat memberikan respon.

PERALATAN TAMBAHAN KULIAH ONLINE

Peralatan lain yang dapat Anda pergunakan untuk mendukung kuliah online low bandwidth adalah email. Anda dapat memanfaatkannya sebagai media pengumpulan tugas mahasiswa baik individu maupun kelompok.

Namun demikian Anda jangan lupa untuk tetap menggunakan LMS yang ada di kampus karena semua administrasi pembelajaran dapat terekam semua di sana. Oh ya, penggunaan WA Group sebagai kuliah tatap muka online ini juga perlu Anda informasikan ke dalam LMS agar pembelajaran online Anda dapat terorganisir di sistem.

Itulah cara melakukan kuliah online dengan low bandwidth yang mudah Anda lakukan. Selain tidak membutuhkan kuota internet yang tidak begitu banyak, cara ini juga dapat diakses oleh mahasiswa yang berada di area pelosok dengan koneksi internet yang kurang begitu bagus sekalipun.*

Tips Kuliah Online Low Bandwidth | admin | 4.5
Leave a Reply