Tips Membuat Proposal Kerja Praktek Agar diterima di Perusahaan Bonafit

By On Saturday, June 9th, 2018 Categories : Karir

Langkah awal untuk memulai kerja praktek (magang) di perusahaan bonafit adalah dengan pembuatan proposal. Latar belakang akademik Anda memang sangat mendukung, namun jika tidak didukung dengan kualitas proposal yang baik maka akan tidak akan diterima juga.

Arti penting proposal bagi perusahaan tempat Anda magang nanti adalah sebagai alat kontrol sejauh mana sasaran Anda dalam melakukan kerja praktek. Pada umumnya, disamping memberikan fasilitas belajar kerja secara real, pihak perusahaan juga akan merasa senang jika pemagang kerja dapat memberikan masukan informasi yang berarti bagi perusahaannya.

Jadi, proposal adalah langkah awal bagi perusahaan untuk menentukan diterimanya permohonan kerja praktek Anda. Oleh karena itu buatlah proposal dengan sebaik-baiknya dan tidak asal-asalan dalam membuatnya.

Bagi Anda yang belum berpengalaman dalam membuat proposal, pasti akan mengalami kebingunan untuk memulainya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda jadikan penekanan dalam membuat proposal kerja praktek bagi pemula.

  1. Identitas Diri

Pertama sekali dalam membuat proposal adalah perkenalkan identitas Anda secara lengkap. Pada halaman cover Anda dapat menuliskan judul kerja praktek, nama lengkap Anda, dan identitas instansi Anda, yang berisi tentang: nama instansi, logo instansi dan alamat instansi, serta tahun pengajuan proposal.

Untuk halaman Identitas Diri sebaiknya Anda buat satu halaman tersendiri yang memuat identitas diri Anda secara lengkap, seperti: nama, tempat/tanggal lahir, alamat asal, alamat domisili, asal perguruan tinggi (termasuk jurusan), nomor ponsel dan e-mail. Informasi ini sangat berguna untuk memudahkan perekrutan dalam menghubungi Anda. Jadi, isilah halaman identitas ini dengan sebenar-benarnya, termasuk dalam mencantumkan alamat e-mail dan nomor ponsel, pastikan masih aktif.

  1. Alasan Magang

Daya dorong Anda untuk melakukan kerja praktek ini sangat penting diketahui oleh pihak perusahaan. Makanya, buatlah alasan magang dengan tepat dan nyata. Tidak untuk memenuhi tugas mata kuiah saja, namun perlu juga Anda tunjukkan alasan pribadi yang lebih berbobot. Misalnya dengan menjawab pertanyaan mengapa Anda memilih perusahaan ini, padahal perusahaan-perusahaan lain yang sejenis juga banyak.

  1. Tujuan Magang

Tujuan ini lebih mengarah pada apa yang akan Anda lakukan ketika kerja praktek nanti. Untuk dapat menuliskan tujuan ini, Anda paling tidak mengetahui sedikit informasi tentang perusahaan yang Anda incar. Informasi ini dapat Anda cari di internet atau datang langsung ke perusahaan untuk sekedar bertanya-tanya tentang seputar kerja praktek.

Jika Anda memiliki tugas khusus dari dosen pembimbing kampus, alangkah baiknya Anda tuliskan di halaman ini agar pihak perusahaan mengetahui apa yang Anda inginkan dari kerja praktek nanti. Sehingga dapat mempercepat penyelesaian tugas kerja praktek Anda, terutama dalam pembuatan laporan akhir.

  1. Permasalahan

Pada bagian ini Anda dapat menuliskan mengenai berbagai hal yang menjadi permasalahan global saat ini. Misalnya Anda tertarik untuk melakukan kerja praktek di industri manufaktur mobil. Permasalahan yang dapat Anda angkat misalnya adalah jumlah pemilik kendaraan di negara kita semakin meningkat pertahunnya. Selain itu Anda juga dapat menambahkan kadar polusi kendaraan bermotor memiliki kontribusi terbesar penyumbang gas emisi dunia. Dan bisa ditambahkan dengan permalasalahan yang lain.

  1. Kemampuan Akademik dan Karakter Diri

Meskipun status Anda adalah sebagai pekerja praktek, biasanya pihak perusahaan juga selektif dalam perekrutannya. Kemampuan akademik Anda akan diperhitungkan juga dalam hal ini dengan melampirkan nilai IPK dan jumlah SKS yang sudah Anda tempuh.

Jumlah SKS minimal sebagai syarat dapat mengajukan kerja praktek biasanya adalah 120 untuk S1, dan 100 untuk D3 atau politeknik. Namun semua itu bisa berbeda-beda menurut perguruan tinggi masing-masing. Jika memang belum mencukupi jumlah SKS yang di syaratkan, alangkah baiknya Anda jangan memaksa diri. Biasanya pihak perusahaan akan menolak para pelamar kerja praktek yang tidak memenuhi kompetensi.

Selain kemampuan akademik, pihak perusahaan juga akan menilai karakter pribadi Anda. Tunjukkan pribadi Anda dengan sebenar-benarnya dan patuhi apa yang sudah Anda tuangkan di dalam proposal.

  1. Evaluasi dan Laporan

Setelah Anda melakukan kerja praktek pasti Anda diwajibkan untuk membuat laporan. Laporan sebaiknya Anda buat tidak hanya untuk memenuhi tugas dari kampus, namun dapat memberikan evaluasi secara lengkap dan komprehensip dari apa yang sudah Anda lakukan selama di perusahaan. Harapannya, hasil laporan Anda dapat menjadi bahan pertimbangan pihak perusahaan untuk langkah kedepan yang lebih baik.

Jika Anda dapat memberikan masukan yang berharga bagi perusahaan tersebut, bukan hal yang tidak mungkin Anda akan mendapatkan tawaran untuk kerja di sana sebagai tenaga kerja tetap.

  1. Kesimpulan

Pada bagian ini, sudah semestinya Anda tuliskan bagaimana kerja praktek Anda bisa memberikan manfaat bagi diri Anda sendiri dan bagaimana Anda dapat menjalankan tugas kampus dengan sebaik-baiknya. Sangat diharapkan jika Anda dapat memberikan keterangan yang menarik menurut Anda, dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak perusahaan untuk langkah kedepan.

  1. Kolom Pengesahan

Pada bagian ini perlu Anda sediakan kolom tanda tangan untuk dosen pembimbing, ketua jurusan atau ketua program studi dan pimpinan fakultas. Dengan begitu, maka proses pengajuan kerja praktek yang akan Anda lakukan sudah mendapatkan persetujuan resmi dari pihak kampus.

 

Itulah beberapa point penting yang perlu Anda siapkan sebaik-baiknya dalam membuat proposal kerja praktek. Agar diperoleh hasil yang maksimal, sering-seringlah untuk konsultasi dengan dosen pembimbing kerja praktek Anda. Apabila Anda belum memiliki pembimbing kerja praktek, Anda dapat meminta pertimbangan ke koordinator kerja praktek di kampus.

Satu hal lagi yang perlu Anda pertimbangkan dalam mengajukan permohonan kerja praktek ke perusahaan adalah persaingan dengan para pelamar kerja praktek yang lain. Biasanya untuk perusahaan-perusahaan bonafit sudah memberikan batasan jumlah calon pekerja praktek yang dapat ditampung. Jadi, perlu juga Anda ketahui informasi tentang calon pelamar kerja praktek di perusahaan yang Anda tuju.

Setelah proposal Anda dinyatakan lolos melalui surat pemberitahuan resmi ke kampus, sebagian perusahaan ada juga yang mewajibkan interview (wawancara) terlebih dahulu. Sama halnya saat Anda mau membuat proposal magang kerja, Anda perlu menyiapkan tahap interview ini dengan sebaik-baiknya. Apabila Anda belum memiliki pengalaman interview, lebih baik ketahui terlebih cara interview agar pengajuan magang Anda diterima perusahaan bonafit.*

Tips Membuat Proposal Kerja Praktek Agar diterima di Perusahaan Bonafit | admin | 4.5
Leave a Reply