Tips Memilih Jurusan Kuliah bagi Lulusan SMA

By On Wednesday, July 15th, 2020 Categories : Kampus
Memilih jurusan kuliah
Cara Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan kuliah tidaklah semudah ketika kalian menetukan pilihan sekolah di SMA. Berbeda dengan jurusan di SMA, jurusan kuliah sangat menetukan karir dan masa depan. Maka pertimbangkanlah dengan sebaik-baiknya agar kalian tidak salah langkah. Tak perlu tergesa-gesa dalam memutuskan.

Mengikuti ajakan teman dalam memilih jurusan kuliah bukanlah tindakan yang sepenuhnya dibenarkan. Tidak sedikit dari mahasiswa yang mengalami Drop Out (DO) gara-gara salah memilih jurusan kuliah. Pada awalnya perkuliahan terkesan enjoy tanpa ada permasalahan. Namun begitu di akhir semester, mulailah muncul rasa malas karena Indeks Prekstasi (IP) yang kurang memuaskan.

Supaya kalian tidak salah dalam memilih jurusan kuliah, ikutilah tips berikut ini.

1. Kenali Passion Kalian

Passion atau minat merupakan salah satu syarat penting dalam kesuksesan kuliah. Dengan passion yang tinggi, pengorbanan sebarat apapun yang kalian terima akan terasa ringan. Karena apa yang kalian lakukan sudah sesuai dengan hati nurani.

2. Gali Potensi Diri

Sejak di bangku SMA kalian sudah dibekali dengan berbagai macam bidang keilmuwan secara mendasar oleh guru kalian. Mulai dari ilmu sosial hingga hitung-hitungan yang njilmet. Berangkat dari sanalah kalian bisa mengembangkan dari menurut beberapa bidang studi yang kira-kira cocok dengan diri kalian.

Secara akademik, kalian bisa mengamati hasil nilai raoprt atau ijazah kalian. Namun perlu kalian ketahui bahwa yang mengetahui secara pasti potensi diri kalian adalah diri sendiri.

Nilai raport dan ijazah adalah hasil penilaian orang lain terhadap diri kalian. Sehingga belum dapat mewakili potensi diri kalian yang sesungguhnya. Jika kalian masih bingung dan belum dapat menemukan potensi diri yang sesungguhnya, kalian bisa meminta pertimbangan orang lain yang lebih paham.

3. Pahami Karakter Pribadi

Kalau potensi diri lebih mengarah pada kemampuan akademik, sedangkan karakter pribadi cenderung mengarah pada kebiasaan atau perilaku sehari-hari.

Kalau kalian suka dengan pelajaran hitungan, seperti misalnya matematika, fisika dan kimia, ada baiknya kalian memilih jurusan Teknik.

Namun jika kalian lebih menyukai ilmu biologi yang berkaitan dengan organ tubuh manusia mungkin lebih tepat jika kalian memilih jurusan kedokteran atau Kesehatan.

4. Cermati Peluang Kerja Lulusan

Tidak cukup hanya mengandalkan passion, potensi diri dan karakter pribadi dalam memilih jurusan. Percuma saja jika kalian sukses dalam kuliah namun setelah lulus kuliah akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

Amatilah sekeliling kalian, peluang kerja apa yang sering dibutuhkan, baik itu lowongan CPNS maupun swasta. Kalian bisa mengamati dari beberapa lowongan pekerjaan yang ada di koran ataupun internet.

5. Tanyakan Pada Ahlinya

Jika kalian masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah, tak ada salahnya kalian meminta saran dari orang tua ataupun teman. Terutama pada teman yang sudah pernah kuliah dan telah sukses karirnya karena kuliahnya.

6. Sesuaikan dengan Cita – Cita Kalian

Perkuat lagi passion kalian dengan cita-cita yang ada pada diri kalian. Ingat, jika sesuatu dilakukan dengan senang hati pasti akan akan semakin mudah untuk merealisasikannya.

7. Komitmen dan Motivasi

Supaya bisa istiqomah dalam menjalankan kuliah, kalian perlu memiliki komitmen dan motivasi yang kuat. Bagaimanapun juga kuliah itu ada pahit manisnya. Ketika mendapatkan permasalahan yang berat, komitmen dan motivasi inilah yang harus kalian ingat.

Sebagai contoh bentuk komitmen adalah ‘Mendapatkan IPK yang terus naik setiap semester’. Sedangkan motivasi bisa berupa ‘Harapan dari orang tua untuk memiliki anak seorang sarjana dan bekerja sesuai bidang keahliannya’.

8. Lakukan Riset Profil Jurusan

Setelah menentukan jurusan kuliah, barulah memilih perguruan tinggi yang membuka jurusan sesuai minat dan bakat kalian. Beberapa point penting yang perlu kalian ketahui secara mendetail terkait dengan memilih perguruan tinggi adalah status akreditasi baik jurusan maupun institusi, latar belakang personal dosen pengampu mata kuliah dan fasilitas akademik.

Kalian tak perlu datang langsung ke perguruan tinggi untuk melakukan wawancara, kalian bisa manfaatkan informasi dari internet saja.

9. Kesiapan Biaya Kuliah

Bagaimanapun juga tak ada proses pembelajaran yang tidak membutuhkan biaya. Tanpa uang kita tidak bisa apa-apa kecuali kalian bisa memperebutkan beasiswa.

Meskipun kalian sudah yakin akan mendapatkan beasiswa, persediaan biaya kuliah cadangan perlu juga kalian pikirkan agar tidak mengalami masalah dikemudian hari.

10.Mohon Petunjuk pada Yang Kuasa

Bagi kalian yang beragama islam dapat melakukan sholat hajad dua roka’at dan mohon petunjuk-Nya dalam memilih jurusan kuliah yang tepat dan mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

PENUTUP

Menjalani kuliah yang tidak sesuai dengan keinginan dan kemampuan pribadi adalah sangat menyiksa. Pada umumnya IPK yang dihasilkan tidak maksimal dan bahkan banyak yang mengalami DO. Memang sebagian ada juga yang bisa berhasil namun membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang sangat luar biasa. *

Tips Memilih Jurusan Kuliah bagi Lulusan SMA | admin | 4.5
Leave a Reply